Inspirasi Timur

 







PALOPO - Tim Gegana Polda Sulawesi Selatan dan Kepolisian Resor Palopo, Jumat (06/12/2019) siang, berhasil mendapatkan mortir yang disimpan warga  di Kelurahan Latuppa,  Kilometer 9,  Kecamatan Mungkajang,  Kota Palopo.

Mortir yang disimpan warga tersebut berada di bawah batu besar, proses pencarian hanya berlangsung 45 menit.

Setelah ditemukan  mortir tersebut dibawa ke sebuah lokasi yang aman atau steril dari warga, yakni di Kilometer 5 Kelurahan Murante.
Tim Gegana Polda Sulawesi Selatan, Kompol Sahruna mengatakan mortir tersebut berdaya ledak tinggi yang sangat berbahaya dan merupakan peninggalan perang dunia kedua.

“Hari ini kami lakukan tekhnik disposal atau pemusnahan sehingga barang ini sudah dianggap tidak ada dan sudah musnah,” kata Kompol Sahruna saat dikonfirmasi di lokasi, Jumat (06/12/2019).

Menurutnya mortir yang didapatkan dan sudah dimusnahkan adalah Mortir Militer yang masih aktif meskipun kelihatan dari luar sudah karatan.

“Mortir militer ini merupakan peninggalan perang dan masih aktif sehingga pemusnahannya dilakukan radius lebih dari 200 meter untuk menghindari fragmentasi, makanya kami cari titik lokasi yang aman dari masyarakat,” ucap Sahruna.

Tim Gegana Polda Sulsel mengimbau kepada masyarakat jika menemukan benda semacam ini agar menghubungi unit penjinakan bom Tim Gegana Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan.

Previous Post Next Post