Inspirasi Timur

 







LUWU UTARA – Guna meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam meningkatkan pendapatan petani Rumput Laut di Desa Pao, Kecamatan Malangke Barat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)-PPM Angkatan ke-29  Universitas Andi Djemma Palopo melakukan Seminar Rumput Laut, Minggu (17/11/2019).

Seminar ini menghadirkan pemateri Dosen Universitas Andi Djemma Palopo, Patahairuddin S.Pi M.sc selaku dosen Fakultas Perikanan.

Dalam materi yang disampaikan Patahairuddin, menguraikan kepada kelompok tani tentang tekhnik Budidaya rumput laut yang dikembangkan saat ini harus meningkat dan berbeda dengan tekhnik lama karena kondisi daerah setempat.

“Kalau teknik yang kita gunakan hari ini masih sama dengan tahun kemarin, padahal kita harus tau kalau kondisi medan hari ini itu sudah berbeda, jadi teknik penanganannya juga harus berbeda,” kata Patahairuddin.

Menurutnya, rumput laut adalah jenis tanaman yang berbeda dengan tumbuhan lain yakni rumput laut ketika dipupuk dari waktu ke waktu semakin di Pupuk hanya menjadi racun untuknya.
Koordinator Desa (Kordes) Riki berharap dengan kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN-PPM ini diharapkan bermanfaat bagi petani.

“Seminar budidaya rumput laut yang merupakan program kerja kami ini tepatnya di Desa Pao dapat bermamfaat bagi masyarakat kedepannya dan menjadikan pertemuan ini adalah sebagai momentum dalam berbagi llmu tentang pemberdayaan dan pembudidayaan rumput laut,” ucapnya.

Kepala Desa Pao, Hajar, mengatakan bahwa seminar budidaya rumput laut merupakan program kerja mahasiswa KKN-PPM Universitas Andi Djemma Angkatan ke-29 2019.

“Ini merupakan bentuk fasilitator yang disiapkan oleh mahasiswa KKN-PPM Unanda dalam membantu masyarakat untuk lebih mengenal penanganan dalam budidaya rumput laut, dan kegiatan ini sangat bermanfaat karena kita kenal di Desa Pao ini mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah petani rumput laut,” ujar Hajar

Previous Post Next Post