Pemkab Morowali Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91




MOROWALI - Upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-91 digelar di Pelataran Kantor Bupati Morowali, Senin (28/10). 

Bupati Morowali, Drs. Taslim bertindak selaku inspektur upacara dan diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Mahasiswa, PHL, ASN, Kepala OPD, dan Kelompok LPPD serta siswa SMA.

Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke – 91 ini bertemakan “Bersatu Kita Maju”. Tema besar ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa”, ucap Taslim dalam membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) melalui pidatonya yang dibacakan Bupati Morowali tersebut  berpesan bahwa dengan teknologi informasi pemuda harus berkarakter.

"Jika perkembangan teknologi informasi ini harus melahirkan pemuda yang memiliki karakter moral dan kinerja yang tangguh. Pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas,” katanya.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia”, lanjutnya.

Dibalik dunia yang serba cepat, instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatiki, menurutnya, sebagai masa depan bangsa dan harapan dunia, maka pemuda harus memiliki pola pikir yang mampu keluar dari sikap-sikap primodial suku, agama, ras dan kultur, sehingga dapat menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Olehnya, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Menpora berpesan, “wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan, dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”. Di akhir sambutannya, Menpora mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-91, semoga para pemuda akan selalu menghormati jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan, sehingga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat dan ridhoNya.

Adapun personil upacara, sebagai berikut: Perwira Upacara, Abi Kusno, Komandan Upacara, Asri Ointu, Pembaca UUD 1945, Adzan Djirimu, Pembaca Ikrar Pemuda 1928, Amir Aminuddin, Kelompok Paduan Suara, LPPD Kab. Morowali.
Previous Post Next Post