SPACE PANJANG

 






PALOPO - Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019, petugas di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan serentak melaksanakan kegiatan bersih laut dan pantai, salah satunya Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II atau Syahbandar Kota Palopo, Kamis (12/9/2019).


Aksi bersih pantai dan laut dilakukan di area pelabuhan Tanjung Ringgit palopo yang juga diikuti sejumlah pihak antara lain Basarnas Palopo, TNI, Polri, Pemerintah Kota Palopo, dan masyarakat setempat.

Aksi bersih dilakukan dengan mengumpul sampah di pantai maupun laut dengan menggunakan jaring dan perahu motor.

Kegiatan tersebut diawali dengan Apel, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Drs. Rachmat MSi mewakili Walikota Palopo membacakan sambutan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

"Gerakan Bersih Laut dan Pantai ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia," kata Rahmat mengutip  sambutan Menteri Perhubungan.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun. Dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang di buang ke laut.

"Padahal kita tahu sampah plastik begitu berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem di laut," lanjutannya.

"Melalui gerakan ini, kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membersihkan laut dan pantai di sekitar kita dari sampah agar mengurangi dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan. 

Sementara itu, Kepala Kantor Syahbandar Palopo, Taufan Eka Putra mengatakan, gerakan bersih laut dan pantai serentak dilaksanakan di Indonesia.

Ditambahkan Taufan,  selain di pesisir pantai, Ia juga mengerahkan beberapa perahu untuk memungut sampah yang mengapung di laut.

Ia berharap, masyarakat kota Palopo dapat mengurangi produksi sampah, khususnya sampah plastik. Sebab, sampah yang terjaring, kebangakan sampah plastik dari rumah tangga, warung-warung dan tempat makan yang berada disekitar pelabuhan.

Turut hadir dalan kegiatan itu, Pimpinan Cabang BRI Palopo, Dodi Sumahardi, dan Pimpinan BUMN lainnya, Danramil Palopo dan Pasi Ter Kodim 1403 Sawerigading, TNI-POLRI, pegawai kelurahan dan para Pelajar SMK Pelayaran Samudera Nusantara Palopo
Previous Post Next Post