SPACE PANJANG

 





GILI TRAWANGAN - Setahun telah berlalu, Gempa yang mengguncang bumi pulau lombok pada bulan agustus 2018 dan menghancurkan banyak bangunan-bangunan sekolah maupun rumah-rumah penduduk hingga mengakibatkan cukup banyak yang menjadi korban akibat bencana yang melanda di wilayah Lombok Timur dan Lombok Utara.

Dalam rilisnya yang terima redaksi  Inspirasi Timur,  Sabtu (10/8/2019), Chiko salah satu Pria yang setiap menemani Wanita bule Valverde dalam perjalanan di Indonesia, ia mengatakan  bahwa Maria Valverde jauh - jauh datang dari  London selain untuk datang menyaksikan keindahan Indonesia, juga aksi sosial di Lombok Timur.

Maria Valverde, Gadis latin berparas cantik keturunan Spanyol yang berdomisili di kota London ikut turut serta memberikan perhatian lebih kepada para korban bencana gempa dengan cara menghibur korban gempa  atau trauma healing kepada anak-anak di dusun Beburung - Sambelia, Lombok Timur.


Sesungguhnya Maria ini datang ke Indonesia yang pertama kalinya dan hanya untuk liburan dari kepenatan jenuhnya rutinitas pekerjaannya di kota London yang membosankan.

Dia ingin melepaskan semua kejenuhan-kejenuhannya itu dengan cara jalan-jalan di pulau Bali maupun pulau Lombok. dan waktu liburannya di Indonesia pun tidak cukup banyak yang diberikan oleh kantornya yaitu hanya 7 hari atau seminggu saja.

Kemudian saat Maria tiba di Gili Trawangan, ia pun bertemu Uncle Bob "Rastaman" dan merelakan sebagian besar sisa-sisa hari liburannya itu tidak dihabiskan untuk menikmati indahnya panorama alam Bali maupun eksotisnya alam pulau Lombok seperti para wisatawan-wisatawan mancanegara pada umumnya, akan tetapi dia bersama Uncle Bob menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk menghibur anak-anak korban bencana gempa dengan cara bermain maupun bernyanyi di berbagai tempat yaitu di sekolah, pantai, sungai dan dia juga membuat pesta Ice Cream yang membuat seluruh masyarakat kumpul bersama di Dusun Beburung - Sambelia, Lombok Timur.

Maria hanya punya waktu seminggu untuk liburan di Indonesia dan ia menggunakan sebagian besar waktu  liburannya untuk menghibur anak-anak korban bencana gempa...

Kemudian setelah tiba di London, Maria pun mencoba mengumpulkan para sahabat-sahabatnya untuk berkonsultasi dan berbagi cerita tentang pengalamannya dan mengajak mereka untuk ikut serta dalam misi sosial-nya dengan memberikan support pendidikan untuk anak-anak di kampung yang disinggahi. 

Maka Maria bersama sahabat-sahabatnya  membentuklah Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM yang diberi nama yaitu Senyum Bahagia (Senbah) Foundation yang khusus bertujuan memberikan dukungan kepada anak-anak dibidang pendidikan.

Saat ini Maria akan mencoba membuat event penggalangan dana untuk memberikan support dalam bidang pendidikan kepada anak-anak di Lombok dengan cara melakukan perjalanan jauh pada tanggal 21 Oktober 2019 yaitu dengan mengendarai sepeda seorang diri dari kota London hingga kota Paris yang bisa memakan waktu sekitar 4 hari hingga 5 hari.

Ketika diwawancara oleh awak media, Maria mengatakan ia akan bersepeda seorang diri pada tanggal 21 Oktober 2019 dari kota London hingga kota Paris, Waktu yang dibutuhkan sekitar 4 hari atau 5 hari.

"Bersepeda dari kota London hingga kota Paris adalah salah satu event penggalangan dana terbesar yang bisa menarik perhatian ratusan dari para Pesepeda setiap tahunnya, karena menghubungkan 2 ikon kota besar yang berada di benua biru yaitu benua Eropa," katanya.

Tujuan dari event ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pentingnya membantu sesama, memberikan pesan kepada internasional akan pentingnya dunia pendidikan untuk anak-anak dan bisa berpotensi untuk penggalangan dana.

Sebelum wawancara singkat ini berakhir, Maria pun berpesan untuk meminta doa dari para sahabat-sahabatnya di Indonesia maupun seluruh masyarakat Indonesia agar acara yang akan dia selenggarakan yaitu bersepeda dari London hingga Paris itu berjalan sukses.

Penulis : Chiko / Rahman  Mapala UM Palopo
Previous Post Next Post