Usaha Ritel Menjamur di Palopo, Pedagang Kecil Sebut Usahanya Terancam Mati


PALOPO - Usaha Ritel terus tumbuh dan menggeliat di kota Palopo, Tumbuh dan berkembangnya usaha ritel tak lepas dari kerjasama pemerintah daerah, dalam kebijakannya untuk memberi kelonggaran bagi peritel mendirikan minimarket.

Kehadiran usaha ritel, menjadi bayang-bayang matinya usaha kecil menengah di kota Palopo, bahkan para pedagang kecil menganggap kehadiran usaha ritel dapat mematikan usaha jualan kecil-kecilan.


Di Kota Palopo, saat ini minimarket berlabel Indomart kembali bertambah di 5 titik, salah satunya yang berada dibilangan jalan Pongsimpin Kecamatan Mungkajang.

"Kasihan kami pak yang hanya mencari nafkah dengan jualan hanya melalui warung-warung kecil, kalau semakin bertambah minimarket, itu sama halnya kami pedagang kecil dimatikan," kata salah satu pedagang yang enggan disebutkan namanya, Kamis (30/05/2019).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palopo, Zulkifli saat dikonfirmasi mengatakan terkait kehadiran Indomart tersebut dirinya tidak tau menahu.

"Silahkan ki konfirmasi ke perizinan karena disana tekhnisnya," ucapnya singkat, saat dikonfirmasi wartawan.

Terpisah kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Palopo, Farid Kasim Judas saat dikonfirmasi membenarkan adanya kehadiran indomart yang berjumlah 5 titik di Palopo.

"Memang benar ada 5 titik lokasi indomart, tapi 3 diantaranya merupakan relokasi yang kebetulan tempat awalnya sudah habis kontrak dan 2 itu baru," ujar Farid. (HDR)
Previous Post Next Post