Inspirasi Timur

 




PALOPO   - Tim Terpadu gabungan DinasKesehatan (Dinkes),  Kota Palopo, Sulawesi Selatan, melakukan pemeriksaan bahan makanan dengan mengambil sampel di rumah makan yang ada di Kota Palopo.

Pengambilan sampel bahan makanan dilakukan untuk memastikan produsen tidak menggunakan bahan pengawet pada makanan atau minuman yang dijual.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesling dan Kesjaor) Dinkes Kota Palopo, Ceria Amalia,  mengatakan sebanyak 52 sampel makanan yang diambil berupa Mie Basah, Mie Kering, Bakso, Ikan, Udang, Ayam, dan Tahu.

“Parameter yang diperiksakan yakni Methyl Yellow, Borax, Rhodamin B, dan Formalin,” katanya, Rabu (08/05/2019).

Hasil pemeriksaan sampel makanan ini akan keluar pekan depan, jika ada pihak rumah makan yang menggunakan bahan pengawet sesuai yang diperiksa, maka pemerintah kota Palopo akan melakukan tindakan hukum sesuai peraturan yang berlaku.

Pengambilan sampel makanan ini terbagi atas tiga tim. Ada 8 orang dari dinas kesehatan, Puskesmas 10 orang, dinas perdagangan 3 orang, dinas pertanian & peternakan 2 orang, Satpol PP 2 orang, dinas perikanan 2 orang, dan dinas ketahanan pangan sebanyak 2 orang.

Previous Post Next Post