Inspirasi Timur

 



LUWU - Kapolres Luwu AKBP. Dwi Santoso.S.Ik.MH bertindak selaku Irup pada upacara gelar pasukan Operasi Keselamatan tahun 2019,  di lapangan apel Polres Luwu. Senin (29/4/2019).

Upacara  dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Luwu Andi Muhaarrir.SE, Kejari Luwu Gede Bujanayasa, sejumlah pejabat SKPD Pemda Luwu, Wakapolres Luwu beserta perwira staf Polres Luwu, Diikuti oleh personil gabungan polres Luwu dan polsek jajaran, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar Kab. Luwu dan Senkom Mitra Polri.

Dalam amantnya Kapolres Luwu membacakan amanat seragam Kakorlantas Polri. Menekankan pentingnya mematuhi aturan lalulintas untuk keselamatan di jalan raya, operasi keselamatan bertujuan untuk; Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, kelancaran dan ketertiban lalulintas, mengingkatkan keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban keselakaan lalulintas, dan membangun budaya tertib berlalulintas serta meningkatkan pelayanan kepada publik. 

Lebih lanjut Kapolres Luwu bahwa dalam pelaksanaan operasi keselamatan ini terdapat 8 prioritas pelanggaran lalulintas yang menjadi atensi, yakni; 1. menggunakan HP saat berkendara, 2. tidak menggunakan safety belt, 3. menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan tol, 4. melawan arus lalulintas, 5. mengendarai kendaraan bermotor dibawah pengaruh alkohol, miras atau narkoba, 6. pengemudi kendaraan bermotor dibawah umur, 7. melebihi batas kecepatan maksimal dan 8, menggunakan bahu jalan yang bukan peruntukannya.

"Delapan jenis pelanggaran lalulintas tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan, sehingga dalam operasi ini akan ditindak,"tegas AKBP Dwi Santoso.

Operasi keselamatan 2019 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 29 April 2019 sampai dengan tanggal 13 Mei 2019, dalam pelaksanaan operasi keselamatan 2019 Polres Luwu melibatkan 57 personil gabungan Polres Luwu.

"Dengan adanya operasi ini, diharapkan dapat meningkatkan disiplin pengguna jalan raya dalam berlalulintas, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, dan terbetuknya opini positif dan citra tertib berlalulintas, menjelang bulan suci Ramadhan 1440 H, sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan tertib dan khusuk," terang Kapolres Luwu. (ADV).
Previous Post Next Post