Inspirasi Timur

 




PALOPO - Sedikitnya 6 Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di 3 kecamatan dalam kota Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/04/2019) pagi melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Meski diguyur hujan, pelaksanaan PSU berjalan normal, namun terlihat sepi dari warga untuk melakukan pencoblosan.

Komisioner KPU kota Palopo, Abdullah Jaya Hartawan mengatakan bahwa PSU yang digelar hari ini diduga mengalami penurunan partisipasi pemilih karena beberapa faktor antara lain sejumlah warga yang terdaftar dalam DPT untuk memilih di tempat tersebut telah pulang ke daerah lain tempat bekerja.

“Kalau kita bandingkan dengan Pemilu tanggal 17 April kemarin mungkin sangat berbeda, yang jelas ada beberapa faktor seperti ada beberpa warga yang sudah kembali ke luar daerah untuk bekerja, ada beberapa pemilih juga yang meninggal, sehingga otomatis menurun,” katanya, Jaya saat ditemui di lokasi PSU, Sabtu.

Kondisi hujan yang mengguyur kota Palopo pagi ini, menurut Jaya, bahwa hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap pemilih.

“Faktor cuaca saya kira tidak berpengaruh karena rata-rata warga yang memilih tidak jauh dari TPS dan hari ini juga rata-rata tidak bekerja tau berkantor seperti PNS dan pegawai BUMD dan BUMN,” ucapnya.

Proses Pemungutan Suara Ulang dijaga oleh Kepolisian Polres Palopo dan diawasi oleh Bawaslu kota Palopo. Menurut Kapolres Palopo  AKBP Ardiansyah mengatakan bahwa suasana PSU hari ini berjalan lancar  aman dan kondusif.

“Hari ini ada 6 TPS yang melaksanakan PSU, kami dari kepolisian melaksanakan pengamanan, disetiap TPS ada 6 personil ditambah 1 orang personil perwira pengendali di masing-masing TPS, dan ada juga satu unit patroli gabungan Polres Plopo dengan Brimob, itu berkeliling di 6 TPS memantau jalannya pelaksanaan PSU,” ujar Ardiansyah.

Dari 6 TPS yang melakukan PSU di kota Palopo hari ini, tersebar di 3 kecamatan yakni TPS 7, TPS 8 dan TPS 12 di kecamatan Wara, TPS 7 dan TPS 3 di kecamatan Wara Timur dan TPS  4 kecamatan wara Barat.


Previous Post Next Post