Nabila Dauriah Mahasiswi Kedokteran Jadi JCH Termuda Kota Palopo

 


LUWU  -  Seorang mahasiswa kedokteran universitas tadulako (Untad) Palu, Sulawesi Tengah menjadi jemaah calon haji  (JCH) termuda di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

 

Nabila Dauriah  jemaah calon haji asal Kota Palopo, Sulawesi Selatan,  dijadwalkan akan berangkat haji tahun ini tepatnya hari Selasa (6/6/2023) petang.

 

Nabila  merupakan JCH termuda yang saat ini berusia 20 tahun, ia berangkat ke tanah suci Mekkah untuk menggantikan almarhum ayahnya yang meninggal tahun 2020 lalu.

 

“Saya masih berstatus mahasiswi semester empat fakultas kedokteran Untad Palu, hari ini saya Insha Allah akan berangkat bersama ibu dan saudara saya Hatta Yahya  ke tanah suci untuk menunaikan rukun islam ke lima,” kata Nabila, saat dikonfirmasi di rumahnya, Selasa (6/6/2023).

 

Nabila adalah anak pasangan dari ayah Suharkimin dan ibu Nur Aliyah Yahya, ia naik haji menggantikan mendiang ayahnya.

 

“Saya naik haji menggantikan almarhum ayah saya yang meninggal tahun 2020 lalu, karena mengalami sakit,” ucap Nabila.

 

Menurut Nabila naik haji baginya merupakan kewajiban yang mesti ditunaikan dan tahun ini adalah anugerah terindah karena bisa menjalankan bersama saudaranya meski masih sebagai mahasiswi.

 

“Alhamdulillah kami bersyukur karena masih diberi kesempatan bisa kesana, saya juga deg-degan untuk kesana diberi kesempatan menjalankan ibadah haji, bisa ke Mekkah dan Madinah,” ujar Nabila.

 


Nabila setiap harinya melakukan persiapan untuk naik haji  dengan melakukan dzikir  membaca Alquran dan membaca buku panduan serta membaca buku sebagai mahasiswi kedokteran.

 

“Untuk persiapan fisik Alhamdulillah, untuk sehari-hari masih siapkan barang-barang dan bersilaturrahmi dengan keluarga,” tutur Nabila.

 

Orang tua Nabila, Nur Aliyah Yahya berharap dalam menjalankan ibadah rukun islam kelima bisa menjadi haji yang mabrur,  bermanfaat bagi keluarga dan orang banyak.

 

“Semoga menjadi haji yang mabrur berangkat dan pulang dengan selamat, dan kedepan bisa bermanfaat buat semua,” jelas Nur Aliyah.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palopo, Jufri mengatakan berdasarkan jadwal, JCH Kota Palopo akan diberangkatkan pada Selasa (6/6/2023) pukul  19:30 WITA yang tergabung dalam Kloter 23 Embarkasi Makassar.

 

“Tahun ini  jumlah JCH Kota Palopo, sebanyak 110 orang, Laki-laki berjumlah 39 orang, dan perempuan berjumlah 71 orang, yang termuda berusia 20 tahun bernama Nabila Dauriah dan tertua berusia 92 tahun bernama Naba Tahuga,” imbuh Jufri.

 

“Untuk JCH kategori umur dibawah 30 tahun berjumlah 4 orang, kategori umur antara 31 sampai dengan 60 tahun berjumlah 63 orang, sedangkan kategori umur 61 keatas berjumlah 43 orang,” tambah Jufri.

Previous Post Next Post