Air Danau Matano Berubah Jadi Keruh, Ini Penjelasan PT Vale

 

LUWU TIMUR - PT Vale Indonesia Tbk telah melakukan mitigasi atas insiden limpasan air yang membuat air danau menjadi keruh.


Insiden tersebut terjadi karena adanya limpasan air permukaan yang berasal dari daerah Langolia melalui GFS, drainase masyarakat dan dibuang ke Tanjung Sorowako Lama (Danau Matano). Demikian Kata Bayu Aji Manajemen PT Vale, Senin ( 05/06/2023).


Menurut Bayu Aji, Kondisi ini terjadi setelah intensitas curah hujan yang tinggi selama dua hari berturut-turut di daerah tangkapan air di area Langolia (Sorowako).



”Setelah dilakukan pengecekan di lapangan disimpulkan bahwa potensi sumber kekeruhan bukan berasal dari area pertambangan Konde sesuai dengan kunjungan gabungan dan sesuai dengan sampel kekeruhan di area kolam Langolia.” Ungkap Bayu Aji.


Atas kondisi tersebut akan dilakukan investigasi lebih lanjut berdasarkan pelacakan aliran sungai, selain itu telah dilakukan pengambilan sampel air pada aliran limpasan air permukaan. Serta melalukan pemeriksaan kondisi parit perimeter dan drainase Konde untuk memastikan penyebab yang terjadi.

Previous Post Next Post