Master Plan BISA Smart City, Wajah Kota Masamba Siap Berubah

Master Plan BISA Smart City, Wajah Kota Masamba Siap Berubah

 

LUWU UTARA - Dokumen Master Plan Luwu Utara BISA Smart City kini telah rampung dan resmi diterima oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia. 


Dokumen ini merupakan panduan bagi pemda dalam mengimplementasikan smart city di Luwu Utara. Kepala Bappelitbangda, Alauddin Sukri, mengatakan, melalui master plan ini, wajah kota Masamba nantinya akan mengalami perubahan yang lebih baik.



Tahap awal, pemda dan pihak terkait lainnya akan fokus pada dimensi smart branding. Di mana wajah kota Masamba menjadi pusat kegiatan penataan wajah kota, dengan berbagai program quick win yang telah ditetapkan dalam master plan Smart City. 


Penataan wajah kota Masamba nantinya akan dilakukan melalui penataan kawasan sungai Masamba, tugu batas kota serta penerangan, penanganan jalan di wilayah ibukota Masamba. 


“Kita harap ini akan memberikan identitas bagi Luwu Utara, sekaligus wujud komitmen Pemda untuk BISA bangkit dari bencana banjir bandang yang lalu,” kata Alauddin saat memimpin Rapat Koordinasi Implementasi Quick Win Smart City, Selasa (17/1/2023), di Aula Bappelitbangda.  


Alauddin mengatakan, langkah konkrit yang akan dilakukan untuk mengimplementasikan smart city adalah mempercepat penyusunan waktu pelaksanaan serta memperjelas perangkat daerah mana yang akan menjadi penanggungjawab kegiatan penataan wajah kota Masamba.


“Penataan wajah kota Masamba ini nantinya akan dituangkan ke dalam Time Line Penataan Wajah Kota Masamba yang kita targetkan rampung sebelum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Luwu Utara pada 27 April 2023 mendatang,” terang Alauddin Sukri.


Adapun quick win smart branding tersebut meliputi pembenahan tugu batas kota dan penerangan jalan, penataan dan penyusunan lanscape bantaran sungai Masamba, pelaksanaan Event Pesona Luwu Utara, desain tugu banjir bandang dan Road to ATR72. 


Selain Kepala Bappelitbangda Alauddin Sukri, turut pula hadir dalam rapat koordinasi ini, Kepala Dinas Kominfo-SP Arief R. Palallo, Kepala Dinas DPUTRPKP2 Muharwan, Sekretaris Dinas PMD Iskandar serta Sekretaris BPBD. (*/LH)

Previous Post Next Post