Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Pemda Lutra Gelar Pasar Pangan Murah Selama Sepekan

Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Pemda Lutra Gelar Pasar Pangan Murah Selama Sepekan


LUWU UTARA - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Luwu Utara akan menggelar Gerakan Pangan Murah (baca: pasar pangan murah) sebagai upaya mengoptimalkan stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi tahun 2022 menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), utamanya Natal dan Tahun Baru mendatang. 


Pelaksanaan kegiatan Gerakan Pasar Pangan Murah ini adalah sekaligus menindaklanjuti Surat Deputi Bidang Ketersediaan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) Nomor 525/KS.02.02/B/11/2022 tanggal 9 November 2022, perihal Kegiatan Stabilisasi dan Pasokan Harga Pangan melalui Gerakan Pangan Murah Pengamanan HBKN.


Kegiatan ini akan dilaksanakan serentak di 24 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang terbagi ke dalam enam zona, pada Senin, 12 Desember 2022, besok, di pelataran parkiran Kantor Bupati Luwu Utara, jalan Simpurusiang, Masamba. Kabupaten Luwu Utara sendiri masuk ke dalam zona tiga bersama Kabupaten Luwu, Palopo dan Luwu Timur. 


Meski pelaksanaan pasar pangan murah ini serentak dilakukan besok, Senin 12 Desember 2022, tetapi pembukaannya sendiri baru akan dilaksanakan pada Rabu 14 Desember 2022 oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Pembukaan akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. 


Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP Luwu Utara, Silvia Yasin, mengatakan bahwa pasar pangan murah ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan sebelumnya. Di mana pihaknya berharap agar seluruh masyarakat dapat memanfaatkan pasar pangan murah ini  secara maksimal. Mengingat harga yang ditawarkan juga relatif murah.


“Siapa pun itu, kita berharap, besok, pasar pangan murah ini ramai pengunjung. Untuk itu, yang mengetahui informasi pasar pangan murah agar menyampaikan juga kepada yang lain,” ujar Silvia, Minggu (11/12/2022), di Masamba. 


Adapun komoditas pangan yang disajikan merupakan pangan pokok strategis, seperti  beras, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit merah, minyak goreng,  gula pasir, daging ayam, daging sapi/kerbau, telur serta olahan pangan  lainnya. Pasar pangan murah ini akan dilaksanakan pada 12 – 17 Desember 2022, mulai pukul 09.00 – 13.00 WITA. (LH)

Previous Post Next Post