Cegah Anemia dan Stunting, Ratusan Siswi SMPN 4 Masamba Ikuti Simulasi Layanan Inovasi Kapsul Indah

Cegah Anemia dan Stunting, Ratusan Siswi SMPN 4 Masamba Ikuti Simulasi Layanan Inovasi Kapsul Indah



LUWU UTARA - Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara bekerjasama dengan USAID ERAT terus berupaya mencegah stunting sejak dini melalui inovasi Kapsul Indah atau Komunitas Remaja Putri Sehat untuk Luwu Utara melalui program Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD).


Inovasi ini terbilang baru. Bahkan masih dalam tahapan pengenalan kepada stakeholder terkait, sehingga dibutuhkan sosialisasi masif agar inovasi ini dapat diterima luas dan paling penting dampaknya terhadap penciptaan generasi yang kuat, cerdas dan berkualitas.


Maka dilakukanlah Lokakarya Penguatan Layanan Inovasi Kapsul Indah selama dua hari, 15 – 16 Desember 2022. Menariknya, hari kedua pelaksanaan lokakarya, dilakukan simulasi layanan inovasi Kapsul Indah di SMPN 4 Masamba, Jumat (16/12/2022). Simulasi ini dihadiri ratusan siswi, khususnya siswi kelas 7 – 9. 


Sebuah kebanggaan bagi SMPN 4 Masamba bahwa sekolah ini menjadi sekolah pertama yang mendapatkan layanan inovasi Kapsul Indah. Meski bersifat simulasi, tetapi tetap diberikan pelayanan melalui pendekatan hipnoterapi oleh Scientific EEG Hypnoterapist, Nurwahyudianti, S.S., M.HRM.IR., C.Ht., C.T., dari Puslatbang KMP LAN RI, Makassar.


“Kami hadir di sini untuk mengawali rangkaian kegiatan terkait pelaksanaan inovasi di Luwu Utara, yang kami beri nama Kapsul Indah,” ujar Kepala Puskesmas Masamba, Yayuk Winarti, S. St., saat berbicara di hadapan para siswi yang hadir dalam kegiatan simulasi tersebut. 


Ia mengungkapkan bahwa inovasi Kapsul Indah adalah sebuah inovasi yang salah satunya dilatarbelakangi oleh prevalensi anemia yang cukup tinggi pada remaja putri di Indonesia.


“Banyak yang malas mengonsumsi tablet tambah darah, sehingga itulah yang melatarbelakangi kami mengintervensinya dengan pemberian tablet tambah darah dan mengedukasinya supaya konsumsi tablet tambah darah juga tidak ada masalah,” kata Yayuk. 


Menurutnya, hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan remaja putri akan manfaat tablet tambah darah bagi tubuh. “Mungkin karena tidak kenal atau tidak tahu manfaatnya, sehingga belum termotivasi untuk mengonsumsinya secara teratur,” jelasnya.


Ia juga menjelaskan bahwa tablet tambah darah mengandung zat besi yang fungsinya membantu pembentukan hemoglobin yang kemudian berfungsi mengikat oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh, termasuk otak dan organ reproduksi. 


“Kalau kita kekurangan hemoglobin atau anemia, maka akan banyak kerugian yang dirasakan, seperti lemah, letih, lesu, loyo, dan lunglai. Jadi, jangan menunggu sampai ada gejala,” ucapnya mengingatkan.


Ia juga mengingatkan bahwa remaja putri adalah aset bangsa, sekaligus generasi yang nantinya produktif di usia 20 tahun ke atas yang akan berkiprah pada cita-cita masing-masing untuk menyumbangkan pemikiran dan tenaganya bagi bangsa. Juga sebagai aset yang akan melahirkan generasi yang berkualitas.


“Kita mau menghilangkan anemia dimulai dari remaja, supaya organ reproduksi dari anak-anakku sekalian, sejak dini sudah dalam kondisi sehat, sehingga nanti dapat melahirkan generasi penerus yang juga sehat. Dan itu tidak bisa dengan sim salabim, prosesnya panjang, harus disiapkan dari sekarang,” terangnya.


 

Sementara itu, Scientific EEG Hypnoterapist, Nurwahyudianti, S.S., M.HRM.IR., C.Ht., C.T., dari Puslatbang KMP LAN RI, Makassar, tampil memberikan layanan hipnoterapi kepada para siswi agar mereka dapat mengonsumsi tablet tambah darah dengan nyaman tanpa rasa takut.


Nurwahyudianti fokus kepada pengalihan pikiran negatif yang ada pada siswi menjadi pikiran yang positif, sehingga dapat memberikan rasa nyaman, tanpa ada perasaan takut terhadap tablet tambah darah yang akan dikonsumsi para remaja nantinya. 


Widyaiswara Ahli Madya ini terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada para siswi bagaimana fokus terhadap diri sendiri melalui perintah pikiran, perintah perasaan dan perintah perbuatan. Ketiga hal ini menjadi penting agar dapat memberikan ketenangan 


“Karena Kapsul Indah ini sudah indah, maka harus asyik dirasakannya. Saya mau semua memperlihatkan keindahan senyumnya masing-masing,” kata Nurwahyudianti memulai proses hipnoterapinya.


“Kalau saya bilang Kapsul Indah, kalian harus tersenyum. Kalau saya bilang anemia, kalian harus bilang, lemah, letih, lesu, loyo dan lunglai… no way! Pun kalau saya bilang Kapsul Indah Indah, dua kali indahnya, maka kalian harus bilang, asyik….!” sambungnya. 


Wanita yang akrab disapa Yayuk ini mengatakan, dalam proses hypnosis untuk mendapatkan kenyamanan dan ketenangan, maka apa yang ada di pikiran, perasaan dan perbuatan, harus selalu sama. “Jangan sampai lain yang dipikirkan, lain yang dirasa, lain juga perbuatannya, itu sama saja kita telah berbohong,” ucapnya mengingatkan. 


Ia menambahkan, pemberian kapsul tambah darah melalui pendekatan hipnoterapi, dapat memberikan energi yang positif kepada para remaja karena memiliki integritas diri. Di mana  apa yang dipikirkan itu sama dengan apa yang dirasakan, dan sama juga apa yang dilakukan.


“Jadi, hipnoterapi itu adalah terintegrasinya bagian tubuh kita ini. Pikiran kita bilang ya, hati kita bilang ya, dan perbuatan kita juga mengatakan ya. Jadi, harus sama indahnya di pikiran, di perasaan, dan di perbuatan,” ucap Yayuk penuh motivasi.


Sebelumnya, perwakilan USAID ERAT, Bahar Makkutana, menjelaskan bahwa keterlibatan USAID ERAT dalam kegiatan inovasi Kapsul Indah ini adalah sebagai mitra kerjasama antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika Serikat. 


“Ini adalah kemitraan luar biasa untuk membangun layanan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, dan kuat. Sama dengan Kapsul Indah, bagaimana kita memperkuat layanan yang efektif, efisien, dan kuat dalam penerapannya di kalangan para remaja putri,” jelasnya.


Di tempat yang sama, Wakil Kepala UPT SMPN 4 Masamba, Dullah Bingkasa, menyambut baik dan sangat mengapresiasi kehadiran layanan inovasi  Kapsul Indah di SMPN 4. Menurutnya, kehadiran inovasi Kapsul Indah dapat memberikan manfaat besar terhadap remaja putri.


“Terima kasih atas kehadiran bapak ibu. Kapsul Indah ini memang indah. Untuk itu, saya harap, dengan hadirnya inovasi ini, anak-anak kita, generasi akan datang, semuanya sehat, sehingga dapat melahirkan generasi yang sehat, kuat, cerdas dan berkualitas,” harapnya.


Senada Wakil Kepala Sekolah, salah satu siswi SMPN 4 Masamba, Pranaya, mengaku sangat senang dengan materi yang disampaikan Widyaiswaya dari Puslatbang LAN RI tersebut.


“Saya merasa sangat senang, ibu Yayuk menyampaikan materinya dengan cara yang seru dan menyenangkan, juga tidak membosankan. Saya juga jadi lebih positif melihat tablet tambah darah ini,” ulas Pranaya sambil tersenyum. 


Sekadar diketahui, dalam kegiatan ini para siswi juga mendapatkan layanan pemeriksaan hemoglobin. yang kemudian dilanjutkan dengan meminum kapsul tambah darah secara serentak. Panitia juga memberikan hadiah yang menarik bagi peserta terbaik. (ZJA/LH)

Previous Post Next Post