PMTI Siap Bersinergi dengan Pemda Luwu Utara Majukan Ekonomi dan Pariwisata
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU UTARA - Pengurus Daerah Persatuan Masyarakat Toraja Indonesia (PD-PMTI) Kabupaten Luwu Utara siap bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara di semua sektor yang ada, utamanya ekonomi dan pariwisata.

Ketua Umum Pengurus Pusat PMTI, Mayjen (Purn) Yulius Selvanus Lumba, mengatakan, kehadiran PMTI Luwu Utara akan membawa pengaruh bagi kemajuan Luwu Utara ke depan.

“Saya harap program prioritas PMTI nanti  bisa disinergikan dengan Pemda Luwu Utara,” kata Yulius dalam sambutannya saat menghadiri Pelantikan PD-PMTI Luwu Utara periode 2022 - 2027, Sabtu (27/8/2022), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara.

Ia mengatakan, PD-PMTI Luwu Utara tidak hanya mengurus masyarakat Toraja yang ada di Luwu Utara saja, tetapi semua masyarakat Luwu Utara akan menjadi prioritas.

“Pengurus Daerah PMTI Luwu Utara tidak hanya mengurus masyarakat Toraja saja, tetapi semua masyarakat dalam rangka untuk membantu Pemda Luwu Utara,” jelas Yulius.

Kesiapan PMTI untuk bersinergi dengan Pemda Luwu Utara dilandasi oleh sebuah pepatah lawas yang berbunyi, “Di mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung”.

“Bersatupadulah kalian, bantu Pemda Luwu Utara untuk memajukan ekonomi, pariwisata, dan sektor lainnya. Jadikan Luwu Utara sebagai prioritas program-program PMTI,” imbuhnya.
 
Untuk itu, Asisten Khusus Menteri Pertahanan Bidang Siber ini meminta seluruh pengurus dan anggota PMTI Luwu Utara untuk senantiasa menjaga kekompakan, serta membangun kerjasama yang lebih baik antarpengurus PMTI.

“Selamat bertugas bagi pengurus yang terpilih. Saya sangat terharu karena akhirnya pengurus PMTI bisa dilantik hari ini. Jangan cengeng, jangan mengeluh, tetap kompak, karena kalau kita kompak, semuanya pasti akan terasa ringan,” ucap dia.

“Perjuangan yang panjang ini jangan disia-siakan, tetap solid, loyal, dan saling menghargai satu sama lain.  Sekali lagi, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara melalui Sekretaris Daerah, Armiadi, mengatakan bahwa Pemda Luwu Utara siap bersinergi dengan siapa pun demi kemajuan Luwu Utara.

“Program PMTI nantinya bisa disinergikan dengan program Pemda Luwu Utara, khususnya yang terkait dengan peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat agar kita bisa terus berbuat untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar Armiadi.

Armiadi mengatakan, paguyuban seperti PMTI ini menjadi sangat penting sebagai wadah silaturahmi dan sebagai wahana untuk memupuk persatuan dan kesatuan di antarsesama pengurus, anggota dan masyarakat Luwu Utara umumnya.

Mantan Kadis Pertanian ini yakin, PMTI dapat menjadi wadah persatuan, kebersamaan dan kekeluargaan bagi internal masyarakat Toraja yang tersebar di 15 kecamatan dan 176 desa/kelurahan di Kabupaten Luwu Utara.

“Kami harap PMTI untuk senantiasa beradaptasi dengan situasi dan kondisi lingkungan di mana kita berada, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” jelasnya.

“Selamat bekerja menghimpun masyarakat Toraja yang ada di Luwu Utara untuk mewujudkan program kerja membangun Toraja dan Luwu Utara secara holistic, sehingga dapat berkontribusi bagi Pemda Luwu Utara,” pungkasnya.

Diketahui, Pengurus PD-PMTI Luwu Utara Periode 2022 – 2027 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Pengurus Wilayah PMTI Provinsi Sulawesi Selatan, Hendry Batara. Ada pun Ketua PD-PMTI Luwu Utara yang terpilih adalah Marthina Simon.

Acara pengukuhan dan pelantikan PD-PMTI Luwu Utara berlangsung meriah. Beberapa pejabat, tokoh masyarakat dan tokoh agama hadir memeriahkan kegiatan tersebut.

Di antaranya Ketua PMTI Kalimantan Tengah Irbar, Ketua PD-PMTI Bogor Saltima Ri’pi Tanjong, Ketua PHDI Agus Tirtayasa, Ketua Umum AKAR Bersatu Dewi Sartika Pasande, Triyono, ustaz Dullah dan beberapa Pimpinan dan Anggota DPRD seperti Awaluddin, Sudirman Salomba, dan Paulus Palino. (LH)

Previous Post Next Post