Cerita Relawan Jemari, Mengajar di SDN Rante Balla, Akses dan Prasaranan Sekolah Masih Minim
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU -  Jaringan Relawan Mengajar Indonesia (JEMARI) menggelar program jemari manis  yakni mengajar selama tiga hari di SDN 43 Rantte Balla Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Sulawesi Srlatan.

Sebanyak 15 orang relawan dari berbagai profesi pendidikan melakukan aktivitas mengajar di daerah pelosok, ada yang berprofesi sebagai guru, dosen, mahasiswa dan juga aparat desa.

Pada program Jemari manis ini,setiap relawan  mengajar  berdasar pokok program materi dasar seperti bahasa inggris dan matematika. Dimana sesuai dengan profesi dan keahliannya masing-masing. 

Kunjungan mengajar ini merupakan kali kedua atau disebut volume dua.

Ketua Umum Jemari, Akbar Alimuddin mengatakan  dalam kegiatan mengajar di daerah pedalaman terdapat beberapa siswa yang kami temui,  mereka melalui perjalan yang sangat jauh untuk sampai ke sekolah.

“Kami temui siswa dengan berjalan kaki dan menumpuh jarak sejauh 5 kilo meter untuk sampai ke sekolah, hal tersebut membangkitkan semangat kami relawan untuk memberikan motivasi agar tetap semangat dalam belajar,” kata Akbar saat dikonfirmasi, Selasa (09/08/2022).

Menurut Akbar, di sekolah SDN 43 Rante Balla, terdapat siswa sebanyak 84 orang, bangunan kelasnya berjumlah 6 kelas, terdapat 3 bangunan tembok dan 3 bangunan kayu.

“Sementara ruangan guru bangunannya masih kayu, selain itu WC di sekolah tersebut belum ada, tiang bendera yang telah rusak.terdapat ruang perpustakaan namun masih minim buku bacaan,” ucap Akbar.

Selain mengajar, sejumlah kegiatan dibagi beberapa segmen yakni bakti sosial, cerdas cermat, kelas inspirasi dan profesi relawan, perlombaan, serta pemberian paket belajar dan tas sekolah kepada siswa dan sekolah juga turut dilakukan oleh relawan selama berada di lokasi.

“Selain itu jemari juga aktif memberantas buta huruf bagi siswa yang belum mengenal huruf dengan cara melakukan pendataan sebagai pusat data untuk dilakukan program kedua dari jemari,” ujar Akbar.

Pada kegiatan Jemari kali ini berkolaborasi dengan PT. Masmindo Dwi Area yang telah memberi suport  sistem dan bersama- sama  membantu memajukan pendidikan Indonesia sebagaimana slogan dari Jemari.

Seperti diketahui, SDN 43 Rante Balla, Kecamatan Latimojong merupakan salah satu sekolah terpencil yang ada di Kabupaten Luwu.

Previous Post Next Post