CPNS Formasi 2021 Ikuti Latsar, Begini Tujuannya
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Pemerintah Kabupaten Luwu bekerjasama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III Formasi Tahun 2021 yang secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs. H. Sulaiman, MM di aula Kantor Bappelitbangda, Senin (4/7/2022)

Acara pembukaan Latsar CPNS Golongan II dan III Formasi Tahun 2021 ini dihadiri langsung oleh Kepala BKPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. H. Asri Sahrun Said beserta jajarannya. Hadir pula sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu

Dalam laporan kegiatan, Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Luwu, Drs. Alamsyah, Msi, mengatakan bahwa tujuan diadakan kegiatan Latsar adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, motivasi nasionalisme dan kebangsaan.

“Selain itu diharapkan dapat meningkatkan karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab serta memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang”, kata Alamsyah

Hal senada diungkapkan pula oleh Kepala BKPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, H. Asri Sahrun Said, yang menerangkan Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. 

Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.

“Adik-adik peserta Latsar adalah kader terbaik Kabupaten Luwu, yang kedepan akan mengawal tugas-tugas pemerintahan dalam rangka menuju masyarakat yang sejahtera, tentunya ditandai dengan pencapaian Visi-Misi bapak Bupati, sehingga dengan apa yang kalian miliki sebagai penopang utama dalam rangka pelaksanaan tugas pemerintahan itu mutlak untuk diharapkan oleh Kabupaten Luwu”, jelas H. Asri Sahrun Said

Menurutnya, menjadi seorang PNS adalah suatu kebanggaan. Namun aplikasinya, bagaimana kebanggaan itu menjadi sebuah wujud pengabdian, melakukan adaptasi dengan lingkungan kerja serta menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku.

Sementara itu, Sekda Luwu, H Sulaiman sebelum membuka acara Latsar CPNS, menyampaikan ucapan Selamat kepada seluruh CPNS yang akan mengikuti Latsar dan meminta agar dapat mengikuti materi dengan baik.

“Dalam konteks pengembangan sumber daya manusia aparatur, Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil yang telah didesain sedemikian rupa, dilaksanakan untuk mampu menjawab semua kebutuhan dan tantangan tugas yang dihadapi Pegawai Negeri Sipil ke depan,” kata H Sulaiman

Sejalan dengan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Calon Pegawai Negeri Sipil wajib menjalani masa percobaan melalui proses pelatihan terintegrasi.

“Pelatihan Dasar CPNS ini bertujuan untuk membentuk Pegawai Negeri Sipil yang profesional, berkarakter yang dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, BerAKHLAK  (Berorientasi memberikan pelayanan prima demi kepuasan pelayanan masyarakat, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal,
Adaptif dan Kolaboratif),” lanjutnya

Seorang CPNS dapat diangkat menjadi PNS setelah memenuhi dua syarat, yaitu telah lulus Pelatihan Dasar CPNS dan sehat jasmani rohani. Pelatihan Dasar CPNS menempati posisi yang sangat penting karena wajib diikuti oleh seluruh CPNS dan harus mampu menyelesaikan pelatihan dengan baik hingga layak dinyatakan lulus, jangan di pandang sekedar untuk memenuhi persyaratan administrasi atau formalitas semata.

Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2021 berjumlah 78 orang yang terdiri dari CPNS golongan II dan III dengan rincian Tenaga Medis sebanyak 66 orang, Tenaga Teknis sebanyak 12 orang. Golongan III sebanyak 55 orang dan golongan II sebanyak 23 orang. Latsar akan berlangsung pada tanggal 4 Juli sampai dengan 24 September 2022 yang terbagi dalam dua angkatan.

Previous Post Next Post