Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, Kapolres Tator : Jadikan Landasan untuk Mengingat Kembali Cita-cita Pendirian Bangsa

 

TANA TORAJA - Hari Lahir Pancasila tahun 2022, yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2022, diperingati oleh jajaran Forkopimda Tana Toraja melalui Zoom Meeting yang dilaksanakan di Rujab Bupati Tana Toraja, Rabu (1/06/2022).

Upacara Hari Lahir Pancasila dipimpin oleh Presiden RI, langsung dari lapangan Pancasila, Ende, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia, menjadi Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini.

Tema ini bukan tidak beralasan, di saat masyarakat Indonesia telah beranjak dari masa Pandemi menuju ke endemi Covid -19, namun di saat yang bersamaan di belahan dunia yang lain justru menghadapi berbagai permasalahan peradaban, salah satunya adalah perang Rusia - Ukrania.

Indonesia yang merupakan salah satu negara yang menjunjung tinggi perdamaian dunia, menjadikan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 ini sebagai momentum kebangkitan masyarakat Indonesia, bangkit dari melambatnya perekonomian akibat pandemi, bangkit dari krisis - krisis yang terjadi selama masa pandemi Covid -19.

Begitu pula di Tana Toraja, Upacara Hari Lahir Pancasila 2022 live dari lapangan Pancasila, Ende, NTT,  di ikuti secara virtual oleh Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Dandim 1414/Tator, Letkol Inf. Amril Hairuman Tehupelasury, SIP, Kapolres Tana Toraja AKBP. Juara Silalahi, SIK, MH, Ketua DPRD, Wellem Sambolangi, Kajari Makale, Herianto L. Paundanan, SH, MH, dan Ketua Pengadilan Negeri Makale. Rustam SH, MH.

Kapolres Tana Toraja AKBP. Juara Silalahi, SIK, MH berharap agar momentum Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dijadikan landasan untuk mengingat kembali cita - cita pendirian bangsa Indonesia.

" Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tahun, itu untuk mengingatkan kembali kepada kita semua tentang cita - cita dari pendirian bangsa ini, cita - cita luhur dari para pahlawan kita, yaitu negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur, dan di saat ini berbagai cara positif yang dapat dilakukan sebagai penjabaran dari cita - cita bangsa kita ini, salah satunya adalah menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif sebagai syarat penting untuk menumbuhkan kembalil ekonomi masyarakat, karena situasi yang nyaman dan aman akan menggairahkan kembali roda perekonomian masyarakat yang selama 2 tahun terakhir dihantam oleh Pandemi Covid -19, ayo kita bangkit kembali menyongsong masyarakat yang adil dan makmur ". Seru Kapolres Tana Toraja AKBP Juara Silalahi.

“Saat ini, kondisi masyarakat kita di Tana Toraja mengalami peningkatan aktifitas yang melonjak yang disertai dengan pelonggaran - pelonggaran dari pemerintah, ini tentunya dinamika situasi Kamtibmas juga akan mengalami peningkatan, untuk itu dengan momentum Hari Lahir Pancasila tahun 2022 ini, kita semua berharap agar kita tidak lalai dalam menjaga kedamaian dan kenyamanan di Bumi Lakipadada, olehnya mari kita jaga situasi Kamtibmas yang kondusif secara bersama – sama,” tambah Juara Silalahi.


Previous Post Next Post