Bantuan Korban Puting Beliung di Lengkong Tiba, Kades : Terima Kasih Pak Jokowi, Pak Gubernur dan Pak Bupati
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU - Bantuan bagi warga korban  angin puting beliung  di Desa Lengkong,  Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Kamis (23/6/2022) pagi berdatangan.

Bantuan datang dari  pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Sosial Kabupaten Luwu, Baznas dan pihak lainnya untuk membantu warga memenuhi kebutuhan hidupnya.

Bantuan berupa obat-obatan,  pemeriksaan kesehatan korban,  bahan makanan,  terpal, perlengkapan tidur dan perlengkapan anak-anak dan bayi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Luwu, Johan Daido mengatakan kebutuhan warga korban bencana puting beliung mencukupi untuk beberapa hari kedepan.

“Tanggap darurat yang kami lakukan ini berlangsung selama 3 hari, jadi kebutuhan selanjutnya akan kami kondisikan setelah melihat situasi yang ada di lapangan,” kata Johan Daido saat dikonfirmasi, Kamis.

Sementara itu bantuan juga datang daru Badan Amil Zakat infaq dan Sadaqah (Baznas) Kabupaten Luwu berupa uang tunai sebanyak Rp15 juta. 

Ketua Baznas Luwu , Agung Nas mengatakan bantuan tersebut merupakan infaq dari Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Kabupaten Luwu yang telah terkumpul selama bulan ini.   

“Kami menyerahkan bantuan yang merupakan infaq dari para ASN agar dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar warga yang menjadi korban, dalam beberapa hari kedepan Baznas Kabupaten Luwu akan kembali menyalurkan bantuan lainnya,” ucap Agung Nas. 

Warga Desa Lengkong korban puting beliung mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Jokowi dan Gubernur Sulawesi Selatan, ucapan ini disampaikan langsung Desi Patantang, Kepala Desa Lengkong.

“Kami berterima kasih kepada bapak Presiden Ri Joko Widodo dan bapak Gubernur Sulawesi Selatan dan Buapati Luwu atas bantuan yang sudah diberikan kepada warga kami korban bencana puting beliung,” ujar Desi. 

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, sebanyak 27 unit rumah warga rusak  terdiri dari rumah rusak berat 5 unit,  rusak sedang 9 unit,  rusak ringan 13 unit,  Sekolah Dasar  1 unit dan Polindes 1 unit.

Sebelumnya diberitakan angin puting beliung merusak rumah warga di Desa Lengkong, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (22/6/2022) dini hari. 

Kepala Desa Lengkong Desi Patantang mengatakan, puting beliung terjadi secara tiba-tiba dan bersamaan hujan dengan intensitas rendah pada pukul 00.00 dini hari, saat kebanyakan warga sedang beristirahat.

“Untuk sementara data yang saya terima dari masing-masing Kepala Dusun ada 19 unit rumah warga yang terdampak termasuk yang rusak ringan, dan untuk rusak parah sementara 10 unit rumah dan 1 unit rumah rata tanah,” kata Desi, saat dikonfirmasi di lokasi, pada Rabu.

Selain rumah, kendaraan warga rusak ditimpa tiang listrik, beruntung saat kejadian terjadi pemadaman lampu.

“Ada tiang listrik yang tumbang dan menimpa 3 unit kendaraan roda dua, saat ini belum bisa digerakkan oleh warga,” ucap Desi.

Hingga saat ini, belum ada data korban jiwa, petugas Kepolisian Sektor Bua dan BPBD Luwu membantu warga di lokasi.

Amir Syarifuddin (48), salah seorang warga mengatakan, saat kejadian atap rumahnya langsung terbawa angin. Saat itu dia dan keluarganya sedang beristirahat.

“Saat kejadian hujan germis-gerimis setelah kejadian baru hujan deras, kami semua terpaksa berlindung di tempat lain yang aman,” ujar Amir.

Amir mengatakan, kondisi rumahnya sudah rata tanah, perlengkapan dapur, alat makan dan minum banyak rusak.
 

“Semua rata tanah, beruntung kami sekeluarga selamat dalam musibah ini, kami menyelamatkan diri setelah atap rumah terbang dan setelah kami keluar rumah, dinding yang terbuat dari papan ambruk,” tutur Amir.

Warga berharap pemerintah segera membantu korban bencana puting beliung.   

Previous Post Next Post