INSPIRASI TIMUR INDONESIA


PALOPO
- Sebuah Replika Miniatur Ka'bah berada di Masjid Agung Luwu Palopo, Sulawesi Selatan, kini menjadi salah satu destinasi wisata baru yang bernuansa Islami.

Tak hanya warga dari Kota Palopo yang berkunjung ketempat ini, warga dari luar wilayah Palopo pun banyak yang berdatangan.

Miniatur Ka'bah setiap sorenya dipadati kaum milenial maupun orang tua. Dimana pengunjung dapat berspot foto-foto dengan latar Ka'bah serasa tengah berada di tanah suci.

Selama Ramadan tempat ini ramai pengunjung yang ingin menunggu berbuka puasa sambil menikmati keindahan meniatur Ka'bah dan berspot foto.

Seperti pengakuan St. Nurbaya mahasiswa UIN Alauddin Makassar mengaku sangat penasaran dengan adanya replika miniatur Ka'bah di Masjid Agung Palopo.

"Tempat ini sangat menarik karena ada replika Ka'bah, kita dapat merasakan walaupun tidak secara langsung serasa tengah berada di tanah suci," kata Nurbaya.


Menurutnya, replika Ka'bah ini menyediakan spot foto yang instagramable dengan latar Ka'bah seperti yang ada di Mekkah, Arab Saudi.

"Replika Miniatur Ka'bah ini sangat menarik  karena kita juga bisa berspot foto yang istagramable," ucapnya.

Sementara itu, Muhajir mengungkapkan bahwa dengan adanya replika Ka'bah menjadi wisata religi dan tempat untuk menjalin silaturahmi antara sesama.

"Selain menjadi destinasi wisata religi, juga akan menjadi tempat bagi masyarakat Kota Palopo untuk menjalin silaturahmi," ungkapnya.

Menurut Muhajir, Miniatur Mekah mini akan menjadi media pembelajaran peragaan praktik (manasik) bagi masyarakat yang ingin umroh dan naik haji.

"Adanya meniatur Ka'bah ini akan menjadi tempat pembelajaran, sehingga ketika masyarakat ingin umroh dan naik haji, mereka dapat belajar ditempat ini agar masyarakat nantinya paham bagaimana ketika saat berada di tanah suci," terangnya. (Abdhye)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post