INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU UTARA
- 37 Jemaah Calon Haji (JCH) Tahun 2022 asal Kecamatan Mappedeceng, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, mendapatkan pembekalan Orientasi Akupresur, pada Kamis (31/3/2022) lalu.

Kegiatan tersebut berlangsung di UPT Puskesmas Cendana Putih, Mappedeceng. Para JCH mengikuti dengan seksama. Pemateri Orientasi Akupresur berasal dari petugas kesehatan UPT Puskesmas Cendana Putih, Yusnawati Bakri.

Yusnawati mengatakan, Orientasi Akupresur ini bagian dari kegiatan pemeriksaan tes kesehatan dan kebugaran yang dirangkaikan dengan vaksinasi meningitis untuk para JCH yang akan berangkat haji tahun ini.

“Akupresur ini adalah pemijatan pada titik tertentu dengan tujuan memelihara kesehatan dan kebugaran,” jelas Yusnawati. 

Yusna, begitu ia akrab disapa, menjelaskan bahwa akupresur sangat penting bagi JCH. Mengingat proses ibadah haji begitu menguras energi dan tenaga, sehingga acap kali jemaah haji mengalami kelelahan.

“Akupresur ini bisa dilakukan saat sakit kepala, nyeri punggung, sesak nafas, batuk, pilek maupun saat kelelahan dalam melaksanakan ibadah haji,” jelas Yusna.

Pada kesempatan itu, Yusna memberikan praktek akupresur kepada beberapa JCH yang mengikuti kegiatan ini. Beberapa di antaranya mengaku puas dan merasa lebih baik setelah mendapatkan pijatan.

Sekadar diketahui, akupresur adalah teknik pengobatan tradisional yang tidak menggunakan jarum. Manfaat akupresur di antaranya meningkatkan sirkulasi darah, merangsang sistem saraf, dan membuat tubuh menjadi rileks. (LH)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Previous Post Next Post