Pencarian Korban Mobil Jatuh ke Sungai di Tana Toraja Diperluas hingga ke Enrekang

 

TANA TORAJA - Pencarian korban yang diduga hanyut terseret arus setelah mobil avanza yang membawa satu keluarga terjungkal ke sungai Salu Barani pada Minggu (20/3/2022) di Kelurahan Salubarani, Kecamatan Gandasil, Toraja Utara, kini diperluas hingga ke Kabupaten Enrekang.

Komandan Pos SAR Basarnas Palopo, Maickel Marth Femy mengatakan pencarian hari ketiga diperluas hingga ke Desa Fana, Kabupaten Enrekang dengan dukungan tambahan personel dari tim SAR Brimob Pare-pare dan Polair Makassar.

“Tim SAR gabungan Basarnas, SAR Brimob  Pare pare, Polair Makassar. Babinsa Kodim Toraja, Bhabinkamtibmas Polres Tanah Toraja, BPBD, organisasi relawan dan masyarakat setempat melakukan penyisiran  sejauh 3 sampai 4 kilometer dari lokasi awal kejadian sampai ke Desa Pana Kecamatan Alla,  Kabupaten Enrekang,” kata Maickel, saat dikonfirmasi, Selasa (22/3/2022).

Menurut Maickel, pencarian hari ini kondisi medan lebih menantang dibanding hari sebelumnya.

“Hari ini kondisi arus lebih deras, lebih keruh dan debit air lebih tinggi dibanding kemarin itu karena semalam terjadi hujan deras, sehingga menyulitkan kami melakukan penyelaman,” ucap Maickel.

Selain kendala tersebut, lanjut Maickel banyaknya sampah di sepanjang sungai menjadi hambatan bagi tim SAR melakukan pencarian.

“Sampah tajam seperti bambu dan kayu juga menjadi kendala dan beresiko terutama tim yang menggunakan perahu karet, meski demikian pencarian tetap dilakukan menyisir sisi kanan dan sisi kiri sungai dengan body rafting  dari titik jatuhnya korban ke bawah..dan sebagian melaksanakan infanteri sisi kanan dan kiri sungai,” ujar Maickel.

Unsur yang  terlibat tanggal 21 maret 2022

1. Basarnas 4 orang

2. Polres Tana Toraja 15 orang

3. Kodim Tana Toraja 10 0rang

4. BPBD Tana Toraja 5 orang

5. Satpol PP 5 orang

6. SAR Sawerigading 3 orang

7. SAR Hardnes 3 orang 

8. SAR Pinrang 4 orang

9. SAR UNM 3 orang

10. SAR Unhas 3 orang

11.Baznas Kabupaten Enrekang 5 orang

12. SAR Lakipadada 5 orang

13. KPA  Anak Rimba Tana Toraja

14. KPA Gempa Maspul 3 orang

15. Mapala Mahakripa Toraja  

16. FAJI Toraja 

17. Masyarakat Setempat 

18. Opa Jari Palopo 1 orang 

19. SAR SOS Pinrang 1 orang 

20. SAR Brimob Pare-pare 15 orang

21. Polair Makassar 5 orang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di akun resmi Fanpage Facebook Inspirasi Timur, dengan klik link https://bit.ly/3pgo7vY


Previous Post Next Post