INSPIRASI TIMUR INDONESIA

TANA TORAJA – Pohon Beringin dengan diameter cukup besar, tumbang dan menutup jalan di Kelurahan Tarongko, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, pada Senin (28/3/2022) lalu.

Hingga Rabu (30/3/2022) pagi, belum juga dievakuasi dan dibiarkan menutupi badan jalan, lantaran warga sekitar minta diupacarakan dulu secara ritual sebelum di pindahkan, akibatnya kendaraan yang akan melintas di jalan tersebut harus berbalik arah dan memutar mencari jalan alternatif.

Menurut Warga Tarongko, Margareta mengatakan pohon tersebut tumbang pada sore hari sekitar pukul 16.30 Wita, sebelum tumbang pohon tersebut sudah memperlihatkan tanda-tanda.

“Sebelum tumbang sudah ada tanda yang nampak yaitu mengeluarkan bunyi, makanya pohon itu sampai sekarang belum bisa dipotong atau dibersihkan karena pohon ini merupakan salah satu pohon yang dianggap sakral disini, dulunya dijadikan tempat memuja arwah para leluhur sehingga disakralkan hingga saat ini,” kata Margareta saat dikonfirmasi di lokasi, Rabu (30/3/2022) pagi.

Lanjut Margareta untuk membersihkan pohon tersebut harus seizin pemangku adat setempat untuk melakukan ritual.

“Tokoh adat Ne’ Sando belum datang karena berhalangan, jadi mungkin dalam waktu dekat pohon ini akan dibersihkan atau dipotong setelah Ne’ Sando datang,” ucap Margareta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja, Alfian Andi Lolo, mengatakan personel BPBD sudah mendatangi lokasi untuk melakukan pembersihan material pohon, hanya saja batal dilakukan karena sesuai permintaan masyarakat setempat harus dilakukan ritual dulu sebelum dipotong.

“Atas permintaan warga untuk tidak membersihkan pohon tersebut sebelum diadakan acara ritual kami penuhi, karena memang pohon itu oleh sebagian warga setempat  kerap dijadikan sebagai tempat melakukan ritual,” ujar Alfian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Inspirasi Timur News Update", caranya klik link https://t.me/inspirasitimurdotcom, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Previous Post Next Post