Bupati Luwu Buka MTQ ke-32 Tingkat Kabupaten Luwu

LUWU -  Bupati Luwu Dr. H. Basmin Mattayang, M.Pd membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an  (MTQ) ke-32 tingkat Kabupaten Luwu di lapangan Kecamatan Kamanre, Sabtu (05/03/2022).

Kegiatan MTQ tahun ini  mengangkat tema berdayakan generasi milenial Qur'ani demi masyarakat Luwu yang religi dan berdaya saing.

Bupati Luwu menyampaikan bahwa MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dari tingkat kabupaten hingga nasional dan internasional. 

"Pelaksanaan Musabaqah ini tidak hanya sekadar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam saja, tetapi lebih diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau out come dari kegiatan pembelajaran Al-Quran yang berlangsung di masyarakat. Ini sejalan dengan yang telah kita canangkan untuk menjadikan masyarakat Luwu yang Qur'ani," kata Basmin.

Menurut Basmin, isu utama pembangunan Kabupaten Luwu, dimana salah satu program kerjanya adalah mewujudkan kehidupan harmonis antar pemeluk agama yang ada. 

"Hal tersebut dapat diwujudkan melalui MTQ ini, hubungan silaturahmi sesama umat beragama dan antar umat beragama harus terus terjalin dan tetap dipertahankan seperti yang sudah terbina selama ini," ucap Basmin. 

"Hargai, hormati dan ciptakan rasa aman, rasa nyaman dan damai disetiap masyarakat yang ada di Kabupaten Luwu," tambah Basmin.

Lanjut Basmin, selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, MTQ juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya  dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan terutama dari segi keagamaan atau pencerahan rohani dan cahaya kedamaian serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat Kabupaten Luwu hingga saat ini.

Pada malam pembukaan MTQ tersebut juga Bupati Luwu melantik Dewan Hakim berjumlah 35 orang bersama panitera setiap cabang yang dilombakan.

"Mengingat kondisi pandemi Covid-19, saya harap agar seluruh panitia dan peserta dapat secara sungguh-sungguh menerapkan protokol kesehatan Covid-19," harap Basmin.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-32, Drs. H. Anwar Pandaka, M.Si yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Luwu dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan MTQ tersebut dipusatkan di Kecamatan Kamanre pada tanggal 5 sampai dengan 10 Maret 2022.

"Peserta lomba MTQ ke 32 tingkat Kabupaten Luwu ini diikuti oleh 22 Kecamatan dengan memperlombakan 23 cabang. Total peserta 409 orang," jelas Anwar Pandaka.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Inspirasitimur.com. Mari bergabung di akun resmi Fanpage Facebook Inspirasi Timur, dengan klik link https://bit.ly/3pgo7vY

Previous Post Next Post