Mentan SYL Kunjungi Toraja Utara, Cek Lokasi Rakernas Pertanian 2022 yang Akan Dihadiri Jokowi

Mentan SYL Kunjungi Toraja Utara, Cek Lokasi Rakernas Pertanian 2022 yang Akan Dihadiri Jokowi

 

TORAJA UTARA - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, dalam rangka peninjauan lokasi pelaksanaan Rakernas  Kementerian Pertanian RI yang rencananya akan di hadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Menteri Pertanian bersama rombongan dan Pemda Toraja Utara mengunjungi Ke’te’ Kesu’ yang rencananya akan digunakan sebagai tempat acara pembukaan Rakernas  oleh Presiden Republik Indonesia sekaligus memberi penghargaan Golden Award Pertanian kepada 10 kepala daerah.

“Bapak Presiden RI Joko Widodo meminta supaya rapat kerja nasional Kementan akan ditempatkan disini, Bupati Toraja Utara dan seluruh Muspidanya sudah siap untuk menggelar even ini,” kata Syahrul.

Syahrul berharap selain kegiatan even pertanian kegiatan pariwisata toraja akan meningkat.

“Kunjungan wisata para gubernur dan para bupati yang hadir akan melihat seperti apa agrowisata atau pertanian yang dicampur dengan daerah-daerah wisata itu yang akan mampu mendorong akselerasi ekonomi yang kita miliki,” ucap Syahrul.

“Oleh karena Toraja  adalah salah satu aset nasional dan dunia harus terjaga dengan baik dan siapa pula yang mau menghargai budaya kita, alam kita kalau bukan kita sendiri orang sulawesi selatan, orang toraja, bangsa Indonesia dan seperti itulah keinginan bapak presiden,” tambah Syahrul.

Menurut Syahrul,  pertanian itu sesuatu yang bermakna ekonomi lapangan kerja, memfasilitasi kehadiran kesehatan yang lebih baik dengan nutrisinya, makanan yang tersedia untuk negara keempat terbesar dunia.

“Itu akan kita rumuskan bersama-sama dan insha Allah bapak presiden akan membuka acara disini,” ujar Syahrul.

Pelaksanaan  Rakernas Pertanian akan dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Misiliana, akan dihadiri oleh beberapa menteri dan peserta Rakernas yang terdiri dari seluruh kepala dinas pertanian provinsi se- Indonesia, Kepala Balai Unit Pelaksana Tehnis Kementrian Pertanian di daerah seperti Balai Karantina, Balai Penelitian dan Tekhnologi Pertanian Balit Palma yang tersebar di 34 provinsi.

Sebagai daerah tempat pelaksanaan Rakernas  pemerintah daerah melalui bupati toraja utara yohanis bassang menyampaikan jika pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menata toraja utara dalam menyambut ratusan tamu yang akan datang dalam acara Rakernas

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang  mengaku senang Toraja Utara menjadi lokasi pelaksanaan Rakernas  Pertanian.

“Kami senang, kami bangga karena dengan hadirnay Rakernas Pertanian disini, paling tidak daerah kita bisa didatangi, daerah kita akan dikenal oleh banyak orang,” tutur Yohanis.

Yohanis Bassang menyatakan Pemda akan segera berkoordinasi dengan berbagai pihak menata Toraja Utara untuk menyambut ratusan tamu yang akan datang, terutama menata dan membersihkan kota serta tempat  wisata serta tempat yang akan menerima para peserta Rakernas.

Selain mengunjungi Ke’te Kesu’ dan Misiliana, Menteri Pertanian juga mengunjungi beberapa tempat wisata yang rencananya akan dikunjungi  oleh para peserta Rakornas seperti Istana Saleko dan Negeri di Atas Awan To’Tombi dan meresmikan  Pusat Souvenir dan Kuliner To’pao Kecematan Kesu'.

Post a Comment

Previous Post Next Post