BPJS Kesehatan Cabang Palopo Dorong Peningkatan Engagement dan Pemenuhan Komitmen FKRTL

BPJS Kesehatan Cabang Palopo Dorong Peningkatan Engagement dan Pemenuhan Komitmen FKRTL

PALOPO - BPJS Kesehatan terus mendorong keterlibatan fasilitas kesehatan untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaran Program JKN-KIS melalui peningkatan mutu layanan. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Harbu Hakim dalam kegiatan Pertemuan Peningkatan Engagement dan Pemenuhan Komitmen Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL), Senin (07/02).

“Kami sadar sepenuhnya seiring berjalannya Program JKN-KIS, dengan pertambahan peserta yang semakin meningkat, BPJS Kesehatan tidak dapat bekerja sendiri dalam menjaga dan meningkatkan mutu layanan. Rumah sakit merupakan rekan kami yang bertindak sebagai eksekutor yang terlibat langsung dalam pelayanan peserta. Harapan kami melayani peserta bukan lagi hanya karena tuntutan PKS saja namun diharapkan bisa menjadi kewajiban moril rumah sakit untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta Program JKN-KIS,” ungkap Harbu.

Harbu menyampaikan, saat ini BPJS Kesehatan tengah berupaya untuk meningkatkan mutu layanan di seluruh fasilitas kesehatan. Harbu menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan akan lebih intens memberikan feedback terkait pemenuhan komitmen. Dirinya juga berharap dengan adanya feedback tersebut dapat ditanggapi secara positif dan dapat ditindaklanjuti demi memberikan kepuasan terhadap peserta. 

"Harapannya, seluruh rumah sakit mitra BPJS Kesehatan harus memiliki komitmen yang sama dengan BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS dan senantiasa meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat, khususnya peserta Program JKN-KIS," tambah Harbu.

Dalam kegiatan tersebut, BPJS Kesehatan turut mengudang Direktur Rumah Sakit Pamanukan Medical Center Subang, Erythrina Marchantia sebagai narasumber kegiatan untuk menyampaikan strategi yang dilakukan dalam peningkatan mutu layanan. Rumah Sakit Pamanukan Medical Center Subang menjadi salah satu Rumah Sakit Berkomitmen Terbaik Dalam Program JKN Tahun 2021 Tingkat Nasional Kategori Kelas C.

Dengan adanya sharing pengalaman yang dilakukan, harapannya bisa memberikan suntikan ide dan semangat baru bagi seluruh rumah sakit di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Palopo dalam hal peningkatan engagement dan pemenuhan komitmen.

“SDM yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai serta monitoring dan evaluasi secara rutin merupakan akar dari suatu mutu layanan yang baik. Yang kita jual adalah kualitas pelayanan kepada pasien untuk itu mengapa mutu layanan sangat penting. Setiap pihak yang bekerjasama dengan kita pasti memiliki standar yang harus kita penuhi, begitu pula dengan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan menitipkan pesertanya kepada kita dengan harapan kita memberikan pelayanan yang terbaik bagi setiap peserta, dan ini merupakan tanggung jawab kita sejak kita melakukan perikatan kerjasama,” ujar Ery. (nf/va/) Sumber : Jamkesnews.com 

Previous Post Next Post