Rombongan yang Hendak Ikuti Rambu Solo' di Lembang Awan Terjun ke Jurang, 1 Tewas

 
TORAJA UTARA - Sebuah mobil minibus dengan nomor polisi DP 1713 YZ terjun ke jurang di Lembang Awan, Kecamatan Awan, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Kamis (13/01/2022).

Minibus terjun ke jurang  sedalam 30 meter  membuat warga yang berada sekitar lokasi  berusaha mengevakuasi penumpang  namun kondisi medan yang sulit membuat proses evakuasi berjalan dramatis.

Peristiwa ini membuat salah seorang korban meninggal dunia  bernama Aser Kumpa (55), langsung dievakuasi personil Kepolisian Polres Toraja Utara, TNI Kodim 1414 Tana Toraja dan dibantu warga sementara korban luka lainnya dilarikan ke Puskesmas Awan untuk mendapatkan pertolongan.

Menurut Maldianus, sopir  mobil yang mengendarai mobil tersebut mengatakan rombongan mereka tengah menuju ke Dusun Sangpiak di Lembang Awan untuk menghadiri prosesi pemakaman salah satu keluarganya.

“Pada saat mobil berpapasan dengan anak sekolah yang sedang berjalan kaki di jalan sempit saya kaget dan hilang kendali, sudah tidak bisa dihindari, mobil langsung terjun ke jurang, salah satu penumpang Aser Kumpa sudah meninggal dunia,” kata Maldianus.

Setelah mendapat pertolongan pertama, para korban kemudian dirujuk ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Lakipada  Tana Toraja  untuk mendapat perawatan intensif, sementara korban yang meninggal dunia langsung dibawa pihak keluarga ke Masanda.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Awan Rantekarua, Oktovianus Datulinggi yang ikut membantu warga melakukan proses evakuasi mengatakan jika proses evakuasi agak berjalan lamban karena posisi korban berada dalam jurang tidak jauh dari posisi mobil terjun.

“Ada penumpang kalau tidak salah 9 orang, 1 orang meninggal dunia yaitu Aser Kumpa, sementara istrinya juga mendapat perawatan intensif, korban lain saat ini di Puskesmas Awan dan ada yang dirujuk ke RSUD Lakipadada,” ucap Oktovianus.

Kapolsek Rindingallo, AKP Martinus Pararuk membenarkan peristiwa tersebut yang menelan satu orang meninggal dunia setelah mobil terjun ke jurang dan sempat dilarikan ke Puskesmas.

"Iya benar, satu oang tewas dalam peristiwa tersebut akibat mobil terjun ke jurang yang terjadi Kamis (13/01/2022) siang tadi sekitar pukul 14.15 Wita,” ujar Martinus. 

Previous Post Next Post