Dramatis, Basarnas Evakuasi Bocah Terseret Arus Sungai Sa’dan Ditemukan dalam Lubang Batu
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

TORAJA UTARA - Tim SAR gabungan Basarnas, BPBD, Tagana dan relawan  berhasil menemukan jasad korban, Yokal (12)  seorang bocah pelajar sekolah dasar  SD yang terseret arus sungai Sa’dan di Lembang Tadongkon, Kecamatan  Kesu’, Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada Minggu (02/1/2022) pagi tadi.

Evakuasi korban berjalan dramatis,  suasana menegangkan saat tim SAR mengevakuasi jasad korban yang harus berjibaku melewati arus sungai Sa’dan yang deras.

Baca : Bocah SD Kelas VI di Toraja Utara Terseret Arus Sungai Sa'dan, Tim SAR Gabungan Basarnas Lakukan Pencarian

Komandan Pos Basarnas Palopo, Maickel Marth  Femy mengatakan untuk dapat mengevakuasi jasad korban harus menyeberangi sungai menggunakan seutas tali dan dibantu para relawan serta warga setempat.

“Tim SAR menggunakan tali untuk menyeberangkan jasad korban di tengah derasnya arus sungai Sa’dan Tim SAR kesulitan berhubung debit air juga naik sehingga dilakukan evakuasi secara estafet, selain arus deras tim SAR juga  berupaya mengevakuasi korban dengan menempuh tebing sungai yang tinggi dan curam  untuk dibawa ke rumah duka,” kata Maickel, saat dikonfirmasi, Minggu (02/1/2022) siang.

Menurut Maickel, korban ditemukan sekitar 30 meter dari lokasi awal kejadian  dalam kondisi sudah meninggal dunia pada pukul 08.55 Wita..

“Korban ditemukan dalam posisi tengkurap dalam sebuah lubang batu, dengan lama pencarian oleh tim SAR Basarnas bersama para relawan selama 3 hari,” ucap Maickel.

Tim Tagana Dina Sosial Toraja Utara, Alexander Mangambe  mengatakan peristiwa hilangnya Yokal, berawal saat sedang bekerja membersihkan kebun di dekat rumahnya,  namun tiba-tiba terpeleset saat memotong sebuah ranting pohon sehingga korban terjatuh ke sungai dan tenggelam.

“Ia terpeleset saat memotong sebuah ranting pohon sehingga korban terjatuh ke sungai dan tenggelam terbawa arus,” tutur Alexander.

Berikut Potensi SAR yang turut melakukan pencarian

1. SAR TNI

2. SAR POLRI

3. BPBD Toraja Utara

4. TAGANA Toraja Utara

5. SAR UNM Makassar

6. SAR Sawerigading Palopo

7. SAR Hardnes Palopo

8. PMI Kota Palopo

Previous Post Next Post