Bocah SD Kelas VI di Toraja Utara Terseret Arus Sungai Sa'dan, Tim SAR Gabungan Basarnas Lakukan Pencarian
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

  
TORAJA UTARA  – Seorang pelajar Sekolah Dasar (SD) kelas 6 bernama Yokal (12) warga Lembang Tadongkon, Kecamatan  Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, dinyatakan hilang dan diduga jatuh terpeleset ke dalam sungai saat membersihkan kebun disamping rumahnya pada Kamis (30/12/2021) lalu sekitar pukul 17.00 Wita.

Tim SAR gabungan Basarnas, BPBD, Tagana, Polisi, TNI dan relawan dibantu warga sekitar belum membuahkan hasil  dan pencarian terus dilakukan hingga besok.

“Pencarian hari ini hentikan sementara mengingat sudah malam dan masih nihil, pencarian akan dilanjutkan besok pagi,” kata Maickel Marth  Femy, Komandan Pos Basarnas Palopo.

Menurut Maickel, pencarian hari ini dilakukan dengan membentuk 2 tim yang menyisir menggunakan perahu karet dari lokasi kejadian pertama (LKP) hingga menyusuri arus sungai.

“Tim pertama menyisir dari lokasi kejadian pertama sejauh 3 kilometer dan tim yang kedua tim Body Rafting menyisir pinggiran sungai sebelah kiri dan kanan sejauh 1 kilometer,” ucap Maickel.

Derasnya aliran air Sungai Sa’dan yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Sulawesi Selatan, membuat tim SAR gabungan kesulitan melakukan pencarian.

Tim Tagana Dina Sosial Toraja Utara, Alexander Mangambe saat melakukan  pencarian korban mengatakan jika pihaknya kesulitan melakukan penyisiran.

“Kami cukup kesulitan dengan kondisi arus sungai yang deras, tim berupaya maksimal dan melakukan penyelaman di beberapa titik, prediksi kamikarena arus sungai deras di bawah jadi kemungkinan korban sudah bergeser dari lokasi awal,” ujar Alexander. 

Lanjut Alexander, peristiwa berawal saat korban sedang membersihkan kebun di dekat rumahnya  namun tiba-tiba terpeleset.

“Ia terpeleset saat memotong sebuah ranting pohon sehingga korban terjatuh ke sungai dan tenggelam terbawa arus,” tutur Alexander.

Berikut Potensi SAR yang turut melakukan pencarian

1. SAR TNI

2. SAR POLRI

3. BPBD Toraja Utara

4. TAGANA Toraja Utara

5. SAR UNM Makassar

6. SAR Sawerigading Palopo

7. SAR Hardnes Palopo

8. PMI Kota Palopo

9. SAR Mapala UKI Toraja

10. SAR Federasi Arung Jeram Indonesia Toraja Utara

11. SAR Rajawali 

Previous Post Next Post