Mantapkan Ketahanan Pangan, Andi Sudirman Tebar Ribuan Benih Ikan Nila di Embung Lalengrie
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 


BONE -- Upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel. Termasuk dengan menghadirkan infrastuktur pendukung seperti bendung dan embung yang sangat dibutuhkan di bidang pertanian. Salah satu cara yang dilakukan adalah menebar bibit ikan memanfaatkan embung desa.

Hal itu yang dilakukan oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman usah peresmian bendung dan embung Lalengrie di Desa Ujung Lamuru, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, Sabtu, 4 Desember 2021. Menebar sebanyak 15.000 bibit ikan Nila di embung Lalengrie.

Terkait kegiatan ini, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Bosowasi, Abdul Azis Said mengatakan selain fungsi untuk pengairan sawah, embung juga dapat digunakan untuk pembenihan ikan dan tempat rekreasi.

"Kolam reservoirnya sudah ada, tentunya juga agar nanti bisa jadi tempat pariwisata untuk memancing ikan," katanya.

Secara teknis, kolam reservoir (embung Lalengrie) dengan panjang 50 meter (m), lebar 50 meter, tinggi 2 meter dengan volume tampungan 400 m3. Dengan kapasitas pompa jenis pompa yang dipasang, tipe submersible pump dengan kapasitas 2 x 40 liter/detik (1.800 m3/hari).

Power solar cell (pembangkit listrik tenaga surya) yang disediakan untuk menjalankan pompa sebesar 105.600 watt peak (WP). Terdiri dari 320 buah solar cell. Setiap solar cell memiliki 330 WP. Embung ini potensil mengaliri sawah seluas 300 hektare.

Hadirnya solar cell di embung desa merupakan langkah baik yang dapat dilanjutkan. "Bagus ini hadir di daerah lain. Ini bisa juga diperbanyak di sepanjang aliran Sungai Saddang, di sungai Walanae dan ini menjadi contoh. Karena ini pembangkit listrik tenaga surya yang baik," sebut Andi Sudirman.(*)
Previous Post Next Post