Kemenkominfo Bakal Bangun Tower BTS di 3 Desa, Rongkong Sebentar Lagi Nikmati Jaringan Internet
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU UTARA
- Tiga desa di Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara sebentar lagi dipastikan akan menikmati infrastruktur jaringan internet.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Luwu Utara, Arief R Palallo menyebut akan dibangun tower Base Transceiver Station (BTS) di tiga desa tersebut yakni Komba, Kanandede, dan Minanga.

"InsyaAllah tahun 2022 akan dibangun tower BTS di tiga desa di Rongkong, pembangunan tersebut merupakan bantuan dari Kemenkominfo," kata Arief baru-baru ini.

Ia mengatakan, titik lokasi pembangunan BTS di tiga desa tersebut sudah ditentukan dan disampaikan ke pihak kementerian untuk selanjutnya dapat dilakukan pengerjaan.

"Untuk lahan pembangunan pihak daerah yang harus siapkan, dan kita sudah dapat titiknya itu juga sudah kita laporkan ke Kementerian Kominfo," ujar Arief.

Adapun jangkauan pembangunan BTS mencakup radius lima hingga tujuh kilometer dari pusat menara. Kendati terbatas kekuatan jaringan maupun jangkauan masih dapat dimaksimalkan.

"Selagi tidak ada bukit yang menghalagi radiusnya bisa sampai lima hingga tujuh kilometer, terkait kekuatannya masih bisa ditambah karena itu hanya masalah teknis," sebutnya.

Lebih lanjut Arief menyebut dengan jangkauan tiga BTS tersebut, wilayah Rongkong tercover jaringan sekira 40 persen.

"Kendati belum tersentuh semua tapi kita sangat bersyukur karena dari sekian lama kita usulkan wilayah blank spot di Luwu Utara ada yang di acc untuk tahun 2022 mendatang," ucapnya.

Dengan terbangunnya tiga BTS tersebut maka menambah jumlah BTS yang ada di Kabupaten Luwu Utara, tujuh untuk non komersil dan sebanyak 99 untuk komersil.

Terkait pembangunan BTS di tiga desa di Kecamatan Rongkong, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani pun sudah menyampaikan kabar gembira tersebut saat membuka event Wonderful Rongkong beberapa waktu lalu.

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini pun berharap, event Wonderful Rongkong juga dapat memuluskan jalannya pembangunan tiga tower BTS tersebut. (IP)


Previous Post Next Post