Diterima Plt Gubernur Sulsel, Kepala Basarnas Sulsel Sampaikan Kekuatan dan Rencana Hadapi Bencana

 
MAKASSAR - Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, bertemu Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Bersama jajaran pimpinan Basarnas Sulsel, Djunaidi diterima langsung Plt Gubernur di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka Nomor 31 Makassar, pada Rabu (8/12/2021). 

Pada kesempatan ini, Kepala Basarnas Sulsel menyampaikan beberapa hal terkait tugas dan fungsi Basarnas. Utamanya kesiapsiagaan dalam penanganan evakuasi warga yang terdampak bencana alam hidrometeologi di wilayah Sulsel.

"Kami sampaikan kesiapan Basarnas Sulsel untuk bersinergi dengan Pemprov Sulsel dalam membantu penanganan warga terdampak bencana alam hidrometeologi", ungkap Djunaidi. 

Djunaidi yang membawa serta pejabat teras Basarnas Sulsel juga menerangkan jumlah personelnya yang berada di beberapa Pos Sar di wilayah Sulawesi Selatan sebagai bentuk untuk memberi respons cepat jika ada laporan yang membutuhkan pencarian dan pertolongan serta evakuasi warga terdampak banjir. 

"Personel Basarnas Sulsel siaga 24 jam dan tersebar di beberapa wilayah di Sulsel seperti Selayar, Bone, Bantaeng, Parepare, Palopo dan Masamba", imbuhnya. 

Selain menjelaskan jumlah kekuatan dan sumber daya yang dimiliki Basarnas Sulsel, Djunaidi juga menyampaikan rencana pendirian Balai Diklat milik Basarnas di wilayah Sulawesi Selatan. Sebagaimana fungsinya, Balai Diklat ini dimaksudkan untuk menjadi wadah pelatihan dan latihan bagi tenaga rescue di wilayah Indonesia Timur.

"Selain untuk meningkatkan kompetensi SDM Basarnas, Balai Diklat ini juga bisa digunakan melatih Potensi Sar yang ada di Sulsel", jelasnya. 

Hadirnya Balai Diklat ini dinilai penting bagi Sulsel karena akan menjadi wadah yang mampu mencetak tenaga-tenaga andal di bidang pencarian dan pertolongan. Sehingga bila terjadi kecelakaan atau bencana alam yang membutuhkan evakuasi dan layanan sar, akan banyak tenaga dari Potensi Sar yang siap membantu. 

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel sangat mengapresiasi kinerja Basarnas Sulsel selama ini. Utamanya beberapa hari terakhir yang sangat membantu dalam proses evakuasi warga terdampak banjir pada beberapa wilayah di Sulawesi Selatan. Andi Sudirman Sulaiman mewakili Pemprov Sulsel pun berjanji akan memberi dukungan kepada Basarnas untuk pendirian Balai Diklat ini di Sulsel.

"Kami berterima kasih bahwa Pemprov Sulsel akan mendukung Basarnas Sulsel dalam rencana pendirian Balai Diklat", jelas Djunaidi.

Dirinya pun berharap pendirian Balai Dikkat Basarnas ini bisa terealisasi di tahun 2022 mendatang. Sehingga bisa segera dimanfaatkan untuk membina dan melatih tenaga andal yang siap terjun membantu jika dibutuhkan kemudian hari.

Previous Post Next Post