2 Tahun Berturut-turut Bapas Palopo Raih Penghargaan P2HAM
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 

PALOPO - Peringatan Hari HAM sedunia yang ke-73 yang pelaksanaannya terpusat di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM hari ini, Jumat (10/12/2021) terasa spesial bagi keluarga besar Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Palopo, pasalnya tahun ini untuk kedua kalinya Bapas Palopo meraih penghargaan prestisius sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) kategori pelaksana Pelayanan Publik berbasis HAM (P2HAM).

Bapas Palopo juga merupakan satu-satunya UPT dilingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel yang mendapat kehormatan untuk menerima penghargaan secara langsung yang diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly di Jakarta.

eperti diketahui, penghargaan P2HAM ini diberikan kepada UPT yang setelah melewati proses verifikasi dan penilaian telah memenuhi indikator-indikator penilaian yang telah ditentukan, seperti ketersediaan fasilitas, ketersediaan petugas serta kepatuhan pejabat, pegawai dan pelaksana terhadap standar pelayanan.

Kepala Bapas Palopo, Redy Agian yang ditemui setelah prosesi penyerahan penghargaan menyampaikan ungkapan rasa syukur atas penghargaan yang diterima. "Pemenuhan kriteria penilaian P2HAM di Bapas Palopo bukan menjadikan penghargaan sebagai sesuatu yang ingin dikejar, namun semata-mata kami hanya berupaya menghadirkan fasilitas-fasilitas pelayanan yang lengkap dan ramah HAM untuk menciptakan layanan yang efektif, efisien dan tanpa diskriminasi", ucap Redy.

Menurut Redy, upaya pemenuhan fasilitas-fasilitas pelayanan yang ramah HAM telah dimulai sejak tahun 2020 lalu dan di tahun 2021 terus ditingkatkan. Berbagai upaya peningkatan fasilitas pelayanan telah dilakukan dengan pembangunan sarana pendukung seperti tempat parkir bagi pengunjung, perbaikan lantai pemandu dan jalan landai serta pemasangan westafel di ruang menyusui.

Didalam pelaksanaan pelayanan, juga telah hadir Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang diresmikan beberapa waktu lalu, dimana selain mempermudah proses pelayanan, didalamnya juga terdapat fasilitas seperti Loket Khusus Kelompok Rentan, Kursi Prioritas, Ruang Bermain Anak, Informasi Prosedur dan Alur Pengaduan serta Layanan Konsultasi yang termasuk kategori penilaian P2HAM. Selain pelayanan secara langsung, pengguna layanan juga dapat mengakses seluruh layanan Bapas Palopo melalui aplikasi android "SiPaTuO" yang kini telah tersedia di Google Play Store.

Previous Post Next Post