H-1 Pilkades Serentak, DPMD Luwu Timur Salurkan Logistik ke 59 Desa, Ratusan Personel Pengamanan Dilibatkan


LUWU TIMUR – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Luwu Timur menyalurkan logistik pada H-1, Senin (1/11/2021).

Pilkades serentak Luwu Timur akan dilaksanakan besok Selasa 2 November diikuti 59 Desa, yang sebelumnya dijadwalkan 60 Desa. Namun karena satu desa yakni Desa Non Blok hanya satu peserta sehingga desa tersebut ditunda.

Proses pendistribusian logistik dari Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) ke 59 Desa dari 11 Kecamatan itu mendapat pengawalan ketat personel TNI dan Polres Luwu Timur.

Kepala DPMD Luwu Timur, Halsen mengatakan, sebanyak 94 ribu surat suara terdiri dari 225 TPS untuk 59 Desa yang menggelar Pilkades telah disalurkan.
 
Selain itu, kata Halsen, untuk desa kategori terpencil, pihaknya juga memastikan pasokan logistik tiba hari ini.

“Logistik hari ini kita salurkan ke 59 Desa yang melaksanakan Pilkades, penyaluran logistik ini juga disaksikan Kapolres Luwu Timur,” Kata Halsen.

Sementara itu, Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester MM Simamora, mengatakan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak 2021 pihaknya menerjunkan hampir 184 personil dari Polres Luwu Timur, BKO Brimob 2 SST dan 100 personil TNI.

“Kita libatkan sebanyak 250 sampai 300 personil pengamanan, termasuk BKO brimob sebanyak 2 SST (Satuan Setingkat Peleton),” Kata Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester MM Simamora.

Silvester menyebut, selain melibatkan Polri dalam pengamanan Pilkades serentak 2021, juga melibatkan TNI sebanyak 100 personil.

“Pengaman juga ada dari TNI, ada 100 personil yang akan diterjunkan,” Jelasnya.

AKBP Silvester mengatakan, personil pengamanan ini akan diterjunkan di setiap TPS. Dirinya juga menghimbau seluruh masyarakat agar tetap menjaga kemanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Pilkades.

“Dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini kita himbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban,” imbuhnya.

Turut hadir dalam proses pendistribusian itu, yakni Staf Ahli Pembangunan, AR. Salim, Kepala DPMD Luwu Timur, Halsen, Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester MM Simamora, Wakapolres Luwu Timur, Kompol Muh. Rivai dan Koramil Malili, Kapten Inf. Dahlan. (*)

Previous Post Next Post