Sidang Sinode AM XXV, Pendeta Alfred Anggui Terpilih Pimpin BPS Gereja Toraja Periode 2021-2026


TORAJA UTARA
— Mantan Ketua I Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Pendeta Alfred Anggui, terpilih sebagai Ketua Umum BPS Gereja Toraja periode 2021-2026.

Terpilihnya Pendeta Alfred Anggui digelar dalam Sidang Sinode AM (SSA) XXV Gereja Toraja yang berlangsung di Klasis Nonongan Salu, Kecamatan Sopai, Toraja Utara, pada Jumat (22/10/2021) kemarin.

Agenda Sidang di hari terakhir pada pemilihan struktur kepengurusan BPS Gereja Toraja periode 2021-2026 itu dilakukan secara tertutup untuk media massa.

Hal tersebut berdasarkan keterangan panitia kepada sejumlah wartawan yang berada di lokasi SSA, terpaksa pulang lantaran tidak diizinkan melakukan peliputan.

Namun, beberapa saat pasca pemilihan yang dilakukan dua putaran tersebut, informasi terkait hasil pemilihan Ketua Umum langsung berseliweran di media sosial.

Sejumlah peserta SSA yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon, juga memberikan informasi serupa, bahwa Pdt Alfred Anggui terpilih sebagai Ketua Umum.

“Iya, Pak Pendeta Alfred yang terpilih. Baik putaran pertama maupun putaran kedua, memperoleh suara terbanyak. Sekarang sedang berlangsung pemilihan Ketua I-V dan Sekretaris Umum,” ujar seorang peserta SSA yang enggan ditulis namanya.

Untuk diketahui, pada sesi pengajuan bakal calon, ada empat nama yang diusulkan, yakni Pdt Alfred Anggui, Pdt Soleman Allolinggi, Pdt Soleman Manguling, dan Pdt Sila Pasalli’.

Pada pemilihan putaran pertama, urutan peroleh suara, yakni Pdt Alfred Anggui, Pdt Soleman Allolinggi, Pdt Soleman Manguling, dan terakhir Pdt Sila Pasalli’.

Kemudian pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua, karena tidak ada calon yang memperoleh suara mayoritas. Persaingan antara Pdt Alfred Anggui dan Pdt Soleman Allolinggi berlangsung ketat.

Pada putaran kedua, menyisakan dua calon, yakni Pdt Alfred Anggui dan Pdt Soleman Allolinggi. Hasil akhir, Pdt Alfred unggul atas Pdt Soleman dengan selisih suara yang cukup tipis.

Sebelumnya, nama Pdt Alfred Anggui tidak asing dalam percaturan untuk posisi pemimpin tertinggi di Gereja Toraja. Lima tahun lalu, saat SSA XXIV digelar di Makale, Tana Toraja, nama Pdt Alfred Anggui juga cukup santer didengungkan peserta untuk menjadi Ketua Umum. (*)


Previous Post Next Post