Kolaborasi Pemda Luwu Utara dan Kementerian PUPR, Sejumlah Pembangunan Infrastruktur Hadir di Lima Kecamatan
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU UTARA
— Sejumlah insfrastruktur dibangun di 5 kecamatan di Luwu Utara dengan program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), kolaborasi Pemerintah Daerah dan Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Sulsel Tahun Anggaran 2021.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyebut Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya berkontribusi sekira 0,21% pada pertumbuhan ekonomi dari nilai IPM Luwu Utara.

“Tujuan kegiatan PISEW adalah terbangunnya insfrastruktur dasar skala wilayah kecamatan guna mendorong pengembangan sosial dan ekonomi lokal, meningkatkan kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan, dan mendayagunakan sumber daya dan tenaga kerja lokal dalam pembangunan, terlebih di masa pandemi,” kata Indah, Jumat (29/10/2021), di Aula La Galigo saat menyampaikan sambutan Pembukaan kegiatan Program PISEW.

Dari beberapa item pekerjaan di 5 wilayah yakni Kecamatan Sabbang Selatan, Baebunta, Mappedeceng, Rongkong, dan Seko, disebutkan ada 1.385 meter talud, 15 unit plat dekker, 964 meter rabat beton, 95 meter bronjong, 2.320 meter perkerasan jalan sirtu, 1.238 meter drainase, dan 1.820 meter perintisan jalan yang terbangun.

“Pembangunan infrastruktur tersebut terealisasi sesuai dengan usulan masyarakat pada pelaksanaan Pertemuan Kecamatan I (PK I) pada masing-masing wilayah kecamatan yang dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD). Untuk itu wajib kita memastikan keberlanjutan dan memelihara apa yang sudah kita bangun. Sebab yang paling penting bukan output tapi juga outcome-nya yakni memastikan masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya dan bisa berdaya saing,” pinta Indah.

Pada kesempatan tersebut Indah juga menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR-RI Komisi V, Sarce Bandaso dan Muhammad Fauzi yang menjadi perwakilan di Dapil III Sulsel, termasuk untuk masyarakat Luwu Utara.

“Pemda sangat bersyukur atas kolaborasi yang manis ini dengan Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Sulsel. Benar bahwa jika kita bersyukur akan nikmatNYA, maka akan Allah tambah. Harapan kami semoga program PISEW yang kami usulkan di tahun mendatang dapat bertambah dari 5 lokasi menjadi 10 kecamatan,” harap bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Sementara itu Perwakilan Satuan Kerja Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Sulsel, Hamdan menuturkan terimakasih kepada Bupati Luwu Utara yang aktif berkoordinasi.

“Kita akan terus mendorong percepatan akses air minum sebab merupakan kebutuhan primer apalagi pasca bencana di Masamba banyak jaringan yang terputus. Untuk itu kami berharap kerjasama pemda dan Kementerian PUPR semakin digalakkan,” tutur Hamdan yang juga melakukan serah terima pekerjaan secara simbolis kepada Bupati Luwu Utara yang selanjutnya diserahkan kepada perwakilan kepala desa. (Rn)


Previous Post Next Post