Jamin Akses Masyarakat Desa, Bupati Luwu Timur Resmikan Proyek Air Bersih Program Pamsimas di Kalaena
INSPIRASI TIMUR INDONESIA


LUWU TIMUR
- Bupati Luwu Timur, H. Budiman meresmikan dan serah terima Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Kalaena, Kabupaten Luwu Timur, pada Rabu (20/10/2021) kemarin.

Kegiatan peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Kadis PUPR, Sahmuddin, Camat Kalaena, Alimuddin Bachtiar, Kepala Desa Sumber Makmur, Turatno dan Pendamping Pamsimas.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam arahannya mengatakan, air bersih dan sanitasi yang baik di lingkungan desa adalah salah satu kunci dalam menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera. 

“Masyarakat tidak mungkin jadi makmur dan sejahtera kalau tidak punya air yang bersih di lingkungannya,” tuturnya.

Menurut dia, dengan program Pamsimas ini, masyarakat desa bisa mendapatkan kualitas air yang bersih dan layak dikonsumsi. 

Olehnya itu, Budiman berpesan, setelah sarana tersebut diserahterimakan, masyarakat harus bisa menjaga sehingga tujuan dari program tersebut sebagai perluasan akses terhadap sarana air minum yang berkualitas dan berwawasan lingkungan serta pemahaman sanitasi perilaku hidup bersih dan sehat dapat terwujud.


“Kami senang dan bangga Program Pamsimas ini sudah berjalan sesuai yang direncanakan. Dan alhamduillah setelah melihat hasilnya kami senang, program ini terlaksana atas kerjasama seluruh pihak,” ujar Budiman.

Dikatakan Budiman, penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) bertujuan untuk menjamin akses masyarakat desa terhadap air minum yang memenuhi standar layak dan selalu tersedia bentuk program yang bersentuhan dengan kemaslahatan orang banyak terutama kebutuhan dasar ketersediaan air minum.

Untuk itu, Budiman juga menghimbau agar masyarakat di Desa Sumber Makmur dapat memanfaatkan, menjaga, dan memelihara sarana air bersih dari program Pamsimas tersebut. 

“Pamsimas ini punya masyarakat, bukan punya siapa-siapa. Jadi, tolong dipelihara dengan baik. Jangan biarkan yang kita miliki ini rusak karena tidak diperhatikan,” pesannya.

Sementara itu Kepala Desa Sumber Makmur, Turatno dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Luwu Timur dan semua pihak yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir serta senantiasa memberikan dukungan dalam penanganan ketersediaan air minum perdesaan khususnya di Desa Sumber Makmur.

“Alhamdulillah, kami di Desa Sumber Makmur sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati karena telah menyempatkan waktunya untuk hadir bersama kami, ini tentu menjadi momen yang sangat bermakna bagi kami masyarakat Desa Sumber Makmur,” ujarnya.

Untuk diketahui, terdapat 49 KK kini dapat menikmati air bersih layak konsumsi berkat program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Sumber Makmur tersebut. (hms/ikp)



Previous Post Next Post