10 Desa/Kelurahan Terendam Lumpur Pasca Sungai Makawa dan Salutubu Meluap


LUWU - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, sejak Rabu (23/9/2021) sore  membuat Sungai Makawa dan Sungai Salu Tubu meluap.

Ketinggian banjir mencapai 1,5 meter merendam permukiman warga di 10 desa/kelurahan.

Banjir membawa material lumpur mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak.

Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak mengatakan banjir terjadi sejak Rabu (23/9/2021) sekitar pukul 20.00 Wita yang menyebabkan berbagai dampak.

“Dampak banjir berupa putusnya akses jalan, sejumlah rumah warga rusak parah, pertanian padi sawah terendam puluhan hektar, bahu jalan trans sulawesi tergerus, jembatan putus, jembatan di jalan trans  sulawesi tergerus nyaris rusak, dan peralatan rumah tangga warga terendam,” kata Syukur.

Menurut Syukur, sejak banjir semalam terjadi sebagian warga mengungsi ke tempat yang tinggi dan sebagian bertahan dalam rumah mereka.

“Banyak warga yang mengungsi ke tempat yang tinggi dan kantor kecamatan hanya saja datanya masih dalam asesmen BPBD Luwu,” ucap Syukur.

Sementara itu, pasca banjir warga yang terdampak berupaya membersihkan rumahnya dari lumpur yang merendam rumah mereka.

“Kami tidak dapat menyelamatkan harta benda kami, alat elektronik seperti Kulkas, Televisi dan lainnya terendam sudah tidak bisa dipakai lagi, termasuk kursi, lemari, pakaian, tempat tidur sudah bercampur lumpur apalagi dengan bahan makanan kami ikut terendam,” ujar Nurhaedah warga Desa Pongko.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, Aminuddin mengatakan data sementara akibat banjir sebanyak 9 desa dan 1 kelurahan yang terdampak di Kecamatan Walenrang Utara.

“Dalam kejadian banjir ini tidak ada korban jiwa namun kerugian harta benda wargha mencapai ratusan juta rupiah, untuk itu kepada warga diimbau agar senantiasa waspada dengan kondisi cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini sebab kadang kala diluar dari dugaan atau prakiraan kita,” tutur Aminuddin.

Data Sementara Dampak Banjir di Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu

1. Desa Salutubu,

- 86 KK terdampak

- 1 Gereja terdampak


2. Desa Salulino

- 48 KK  Terdampak

 

3. Desa Marabuana

- 1 Gereja terdampak

 

4. Desa Pongko,

- 103 Terendam

 

5. Desa Siteba,

- 4 Rumah Berat

- 2 Jembatan GantungPutus

 

6. Desa Bosso Timur,

- 56 KK Terdampak

 

7. Desa Bolong

- 4 Rumah RB

- 2 Rumah Terancam

- 3 Ekor Sapi Mati

- 80 Meter Jalan Desa Terputus

- 7 ha Sawah Terendam

- 12 KK Terdampak

- Ratusan Ayam Hanyut

 

8. Desa Buntu Awo

- 41 KK terdampak

- 2 Rumah RB

 

9. Desa Limbong

- 5 KK Terdampak

 

10. Kelurahan Bosso

- 10 Runah RS

- 16 KK Terdampak

Previous Post Next Post