Sempat Viral, Gadis Remaja Tukang Tambal Ban di Palopo, Akhirnya Dapat Bantuan dari Partai Nasdem


PALOPO - Gadis remaja yang bekerja sebagai tukang tambal ban dan sempat viral di media sosial kini dilirik politisi.

Gadis remaja tersebut bernama Hasmiani (18), Ia baru lulus SMA, dan saat ini menekuni pekerjaan sebagai tukang tambal ban.

Usaha bengkel yang ia buka, berlokasi di jalan poros trans Sulawesi, Kelurahan Buntu Datu, Kecamatan Bara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Pekerjaan yang dikenal hanya digeluti oleh kaum lelaki umumnya justru ia rela lakukan demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Kelihaiannya dalam bekerja pun tidak kalah dari keahlian para lelaki.

Hasmiani mengatakan, pekerjaan yang digeluti sebagai tukang tambal ban berawal dari hobbinya terhadap motor, hingga ia memberanikan diri membuka bengkel sendiri.

" Aktivitas ini saya geluti belum lama sejak saya tamat SMA. Awalnya tempat ini adalah milik pak ustadz (paman), tapi dia tawari saya untuk sewa, jadi saya coba," kata Hasmiani saat ditemui di bengkelnya.

Gadis tamatan SMA Soyo Jaya, Morowali Utara, Sulawesi Tengah itu pun mengaku tidak malu melakoni pekerjaan tersebut. Meski mendapat cibiran dari luar, namun ia selalu dikuatkan oleh tekadnya serta motivasi dari orang-orang terdekatnya.

"Kadang teman-teman lain bilang tidak malu kah itu. Tapi saya bersyukur kak bisa menghasilkan uang sendiri," ucapnya.

"Kadang juga saya posting di sosmed ditanggapi sama guru-guru dan teman dikasih semangat," ujarnya lagi.

Kini bengkel tersebut ia kelola serta dibantu oleh dua orang karyawannya. Saat ini ia fokus membesarkan bengkel yang ia buka belum sebulan itu.

Ia pun berharap suatu kelak ia bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses dan membanggakan orang tuanya.

Partai Nasdem Kota Palopo bergerak cepat mencari lokasi gadis cantik yang berprofesi sebagai tukang tambal ban yang viral di media sosial itu.

Hasmiani nampak kaget saat didatangi rombongan Partai Nasdem Palopo yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Abd Salam didampingi dua rekannya di DPRD, yakni Lupita dan Efendi, serta Sekretaris Nasdem, Umar. Nampak juga Camat Bara, Dewa Gau dan Lurah Buntu Datu, Hasnah.

Dia tidak menyangka, kelihaiannya menambal ban yang direkam oleh salah seorang pelanggan yang kebetulan ban motornya bocor, viral di media sosial.

Wakil Ketua DPRD Kota Palopo, Abd Salam, dalam kesempatan itu mengaku ikut terharu dan termotivasi melihat kegigihan Hasmiani bekerja menambal ban. Apalagi dia seorang perempuan, yang notabene tambal ban dikerjakan seorang pria.

“Kami terharu melihat video yang beredar. Ini motivasi bagi anak muda yang lain. Apalagi di tengah pandemi seperti ini,” kata Abd Salam, Jumat (6/8/2021).

Hal senada disampaikan Sekretaris Partai Nasdem Palopo, Umar. Ia berharap dengan bantuan dari Partai Nasdem ini, Hasmiani mampu mengembangkan usaha bengkel lebih besar lagi.

“Harapan kami, bantuan ini bisa menambah modal usaha. Insya Allah tidak ada usaha yang sia-sia. Terus semangat,” kata Ketua KNPI Palopo itu.

Sementara Hasmiani tak mampu membendung rasa harunya saat ia mendapat bantuan modal usaha tersebut dari Partai Nasdem.

“Bantuan ini akan saya gunakan untuk belanja peralatan bengkel. Kebetulan juga bengkel ini masih bercampur dengan jualan (bahan campuran),” kata dia.

“Saya sudah minta tanah yang disamping kepada yang punya, dan diberi izin untuk perlebar bengkel,” sambungnya, seraya mengucapkan terimakasih.

Adapun bantuan yang diberikan berupa uang tunai senilai Rp7 juta, termasuk dari Wakil Ketua DPRD Sulsel dari Partai Nasdem, Syahruddin Alrif. (*/Arzad)


Previous Post Next Post