Inisiatif Pembentukan Karang Taruna, Dua Tokoh Pemuda Ini Temui Camat Sendana

SPACE PANJANG

 





PALOPO - Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda non partisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah desa/lelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. 

Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. 

Selanjutnya dalam menjalankan fungsinya, Karang Taruna berpedoman pada pedoman dasar dan pedoman rumah tangga, di mana telah pula diatur tentang struktur pengurus dan masa jabatan di masing-masing wilayah mulai dari desa/kelurahan sampai pada tingkat nasional. Semua ini wujud daripada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

Atas dasar tersebut, dua orang tokoh pemuda dari Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana, yakni Arzad dan Arif, berinisiatif agar Karang Taruna di Kecamatan Sendana Kota Palopo segera dibentuk.

Keduanya pun langsung mendatangi Kantor Camat sendana pada Jumat sore (30/07/2021), guna memperjelas arah pembentukan Karang Taruna tersebut.

Camat Sendana, Rombe, M.Si, dalam hal ini mendukung penuh akan dibentuknya Karang Taruna di tingkat kecamatan. Menurut dia, hal ini sangat penting untuk membantu program pemerintah, khususnya dalam hal pembinaan pemuda di Kecamatan Sendana.

"Saya selaku camat mengapresiasi dan mendukung penuh akan dibentuknya organisasi Karang Taruna ini, dengan demikian kita sama-sama berharap melalui Karang Taruna, kita bisa bersinergi dalam hal membina generasi muda kita di kecamatan Sendana," ucap Rombe kepada media ini.

Untuk itu, dia akan mengupayakan agar sesegera mungkin bisa dibentuk dengan melaksanakan mekanisme yang ada.

"Lebih cepat lebih bagus, dengan tetap menjalankan mekanisme yang berlaku, apa lagi karang taruna ini juga dibawa naungan pemerintah, khususnya Dinas Sosial. Jadi bagus kiranya kita kumpulkan perwakilan  pemuda di setiap kelurahan dalam pembentukan Karang Taruna ini," tambahnya.

Sementara itu, Arif, selaku tokoh pemuda pun juga mengapresiasi Camat Sendana atas keterbukaan dan bersedia memfasilitasi pembentukan organisasi Karang Taruna tersebut.

"Alhamdulillah dengan ini kami bisa segera membentuk Karang Taruna tingkat kecamatan, dan saya sangat mengapresiasi Camat Sendana atas keterbukaannya menerima kami dalam hal mendiskusikan pembentukan Karang Taruna," ucapnya.

Dari hasil pertemuan tersebut memperoleh hasil yang diinginkan kedua belah pihak, untuk sesegera mungkin membentuk organisasi Karang Taruna.

Senada dengan hal tersebut, Arzad, yang juga merupakan salah satu pemuda di Purangi, berharap agar para pemuda di Kecamatan Sendana bisa ikut andil dalam pembentukan Karang Taruna Kecamatan Sendana.

"Saya bersama bang Arif, melalui dukungan Camat Sendana, sangat berharap kita semua para generasi pemuda Kecamatan Sendana untuk sama-sama menyukseskan pembentukan Karang Taruna ini," harapnya.

"Di sisi lain organisasi ini bisa memberikan pengaruh yang positif kepada kita semua generasi muda dalam mengembangkan potensi kita dibidang manapun, karena pada dasarnya Karang Taruna ini memang bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki para pemuda," tutup Arzad. (Ben)

Previous Post Next Post