Inspirasi Timur

 




 

PALOPO - Muhammad Dhevy Bijak Pawindu Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Demokrat, mengapresiasi antusias para  Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengikuti sosialisasi program Integrasi Ekosistem Ultra Mikro

Itu diungkapkan dalam sosialisasi yang digelar di Aula Hotel Harapan, Jl. Mangga, Kelurahan Lagaligo, Kecamatan Wara Kota Palopo, Kamis (3/6/2021).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan Kementerian yang bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Diketahui bahwa, sinergi ekosistem sektor ultra mikro adalah merupakan upaya bagi pelaku usaha di tengah ketidakpastian akibat dampak pandemi yang kini memasuki tahun kedua.“Terdapat tiga entitas BUMN yang masuk ke dalam integrasi ekosistem ultra mikro ini yakni PT BRI, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM),” kata Dhevy.

hal Ini pula akan menjadi upaya BUMN agar lebih rapi dan dapat meningkatkan integrasi serta efektivitas kerja BUMN, memang menjadi target yang perlu diperhatikan terutama pada masa pandemi, di mana pelaku usaha mengalami tekanan cukup dalam. 

“saya rasa integrasi ekosistem ultra mikro ini adalah merupakan upaya yang sangat baik dan tepat. Pegadaian dan PNM mampu melakukan pendampingan pada segmen ultra mikro lebih intensif, sementara kemampuan BRI yang kuat dalam permodalan dan likuiditas pun dapat meningkatkan kinerja Pegadaian dan PNM secara langsung dalam melakukan pendampingan".

“Ekosistem ultra mikro dipandang akan sangat efektif untuk mendorong masyarakat dalam membuka usaha, demi kemandirian dan keberlangsungan ekonomi nasional,” ujarnya lagi

“Melalui program prioritas BUMN saat ini, yaitu integrasi ekosistem ultra mikro tentu akan  menjadi motivasi seseorang yang menjadi wirausaha sehingga harus dirawat dan didukung,” imbuhnya.

Model bisnis di ekosistem ultra mikro ini diharap tak sekedar pembiayaan tetapi juga pemberdayaan. BRI, Pegadaian, dan PNM mampu membagi tugas lebih baik dalam merawat kinerja pelaku ultra mikro.

Menurutnya, hal ini wajib disambut dengan baik dan berharap bahwa output kegiatan ini adalah menumbuh kembangkan potensi wirausaha dan atau pelaku UMKM di Dapil Sulsel III, lebih terkhusus Luwu Raya.

Sebagai Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Demokrat dari Dapil Sulsel III memiliki mitra dalam menjalankan tugas yaitu, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Diakhir kegiatan, dilakukan penyerahan plakat. Dalam sosialisasi program integrasi ekosistem ultra mikro itu turut hadir Pimpinan Wilayah BRI Makassar, pemimpin Cabang PNM Palopo dan Pimpinan WIlayah Pegadaian Makassar. Selama kegiatan berlangsung, para tamu undangan tetap wajib mematuhi standar aturan Protokol Kesehatan (Prokes) guna mencegah penyebaran Covid-19 (RLS).

Previous Post Next Post