Inspirasi Timur

 


 

PALOPO - Capaian vaksinasi lanjut usia (Lansia) di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, masih rendah dari target awal sebanyak 9.082 orang.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Palopo, San Ashari mengatakan pada vaksinasi dosis pertama baru mencapai 1.283 orang  sedangkan pada vaksinasi dosis kedua baru 783 orang, untuk bisa mencapai sasaran, vaksinasi Lansia terus dilakukan pada setiap ada vaksinasi bahkan ada jadual khusus untuk vaksinasi Lansia.

“Sebenarnya setiap hari vaksinasi Lansia terus dilayani untuk kejar target sasaran, jadi siapapun Lansia yang belum divaksin bisa ke Fasyankes terdekat atau tempat pelayanan vaksinasi,” kata San Ashari, saat dikonfirmasi, Kamis (03/06/2021).

Menurut San Ashari, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi agar Lansia dapat melakukan vaksinasi dengan beberapa cara.

“Tenaga kesehatan menyampaikan kepada pasien yang ditanganinya agar keluarganya yang Lansia harus divaksin, bahkan kami memiliki program seperti setiap warga yang akan divaksin membawa satu orang Lansia untuk divaksin,” ucap San Ashari.

Sementara itu vaksinasi yang berlangsung hari ini di Puskesmas Wara Utara Kota, khusus Lansia juga masih minim dari target 1.093 orang baru mencapai 122 orang pada dosis pertama dan 102 orang pada dosis kedua.

“Untuk mengcover keseluruhan target sasaran vaksinasi Lansia kami lakukan cara seperti kerjasama lintas sektor yakni Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk aktif memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi bagi Lansia,” ujar Musakkar, Kepala Puskesmas Wara Utara Kota.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Palopo Ishaq Iskandar mengatakan Selama 2 pekan terakhir Kota Palopo mengalami penurunan drastis kasus korona atau Nol Covid-19.

“Jumlah yang terpapar positif covid-19 di Kota Palopo sebanyak 1.379 orang, kasus sembuh sebanyak 1.325 orang dan kasus meninggal sebanyak 54 orang, meski kasus korona sudah nol namun diimbau kepada seluruh warga agar tetap mematuhi protokol covid-19  dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjauhi kerumunan,” jelas Ishaq.

 

Previous Post Next Post