Inspirasi Timur

 


LUWU UTARA - Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, mengatakan bahwa fokus pengawasan intern pemerintah saat ini adalah melakukan pengawalan setiap program pemerintah dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Mengingat saat ini pemerintah terus mencari jalan keluar yang optimal guna menjaga keseimbangan antara penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

“Kita melihat titik berat pengawasan sekarang ini adalah di pengawalan untuk mendapatkan pemanfaatan dari semua program. Pengawalan dari semua program tersebut adalah untuk pemulihan ekonomi nasional,” kata Wabup Suaib usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern (Wasin) yang digelar secara daring, Kamis (27/5/2021). Rakornas Wasin ini dibuka Presiden Joko Widodo. 

Suaib mengatakan, peran pengawasan saat ini lebih diarahkan untuk memulihkan ekonomi nasional. Untuk itu, ia meminta Inspektorat sebagai institusi pengawas di internal pemerintah daerah untuk terus mengawal setiap program pemerintah. “Program yang dicanangkan pemerintah harus dikawal untuk mempercepat dn memperkuat pencapaian tujuan dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” harapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa tugas Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional. Untuk itu, ia berharap BPKP harus menjamin setiap rupiah yang dibelanjakan sesuai peruntukannya dan harus dipertanggungjawabkan.

“Semua harus hemat di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini karena di tahun 2021 ini adalah tahun percepatan pemulihan ekonomi nasional,” jelas Presiden Joko Widodo. Sekadar diketahui, Wabup Suaib mengikuti Rakornas Wasin dari Ruang Command Center Kantor Bupati bersama Inspektur Inspektorat Mukhtar Jaya dan Sekretaris Inspektorat Sofyan Hamid. (Am/LH)

Previous Post Next Post