Inspirasi Timur

 


LUWU UTARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (19/05/2021) meninjau langsung 2 hulu sungai Baliase yakni Sungai Saluseba dan Sungai Patikala di Desa Sepakat dan dan Desa Pincara. Kunjungan tersebut didampingi tokoh masyarakat dan beberapa warga lokal untuk memastikan atas adanya informasi tentang berkurangnya debit sungai Baliase.

Hasil pengamatan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Luwu Utara menyebutkan bahwa informasi berkurangnya debit sungai Baliase tidak benar, demikian pula yang disampaikan warga ke Kalaksa.

“Memang ada beberapa sumbatan di sungai Patikala seperti foto-foto yang masif beredar namun tidak signifikan menghambat aliran sungai di hulu tersebut, terkait foto-foto longsoran memang terjadi dibeberapa titik, menurut “Pangojek “ yang melintas ada kurang lebih 20 titik longsor yang menutupi jalan poros Rampi – Masamba yang mereka temui, Informasi ini juga diperkuat oleh Kadus Saluseba ibu Daryanti yang ditemani Bapak Aco salah satu warganya yang datang ke Wakil Bupati Luwu Utara memberikan laporan terkait kejadian tersebut, selain itu Laporan yang juga masuk siang tadi ke Pusdalops PB BPBD, bahwa ada beberapa keluarga yang mengungsi lantara menghindari longsor susulan di poros saluseba,” kata Muslim Muhtar, melalui rilisnya di halaman resmi Facebook BPBD Luwu Utara, Rabu (19/05/2021).

Menurut Muslim Muhtar, dibeberapa tempat yang dilaluinya bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) PB saat melakukan pantauan, siang hingga sore tadi, mereka mengimbau warga masyarakat agar tetap tenang , tidak panik, dan tidak berlebihan menanggapi informasi.

“Tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana, kesiapsiagaan awal yang harus dilakukan adalah siapkan apa saja yang dapat dibawa serta mengetahui wilayah yang aman untuk menghindar jika terjadi sesuatu,” imbuh Muslim.

 

Previous Post Next Post