Program Dapur Berkah Ramadhan, BMH Sulsel Gandeng Rumah Koran dan Satbrimob Berbagi Sayur ke-19 Ponpes


MAKASSAR -- Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa, penuh dengan keutamaan, dan bulan penuh berkah yang menjadi energi untuk semakin bergairah melakukan kebaikan-kebaikan. 

Menyatu dalam semangat itu, Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Sulawesi Selatan, menginisiasi beragam program ramadhan, dengan tema: Ramadhan, Kebaikan Tanpa Batas.

Beragam program tersebut telah dibedah dan disosialisasikan dalam event Public Ekspose: Ramadhan, Kebaikan Tanpa Batas, oleh Content Creator Rijal Djamal, Ketua Laznas BMH Sulsel Ustadz Kadir, dan Direktur Eksekutif Yayasan Hadji Kalla Muhammad Zuhair.

Untuk itu, melalui program tersebut di bulan istimewa ini pihaknya dengan melakukan aksi, antara lain:

1. Pengiriman Paket Program Dapur Berkah Ramadhan untuk memenuhi kebutuhan makan sahur dan buka puasa bagi 1.576 Dhuafa - Santri penghafal Al Qur'an di 19 Pesantren binaan BMH di Sulawesi Selatan.

2. Pelepasan 15 orang dai yang akan bertugas sebagai Imam Masjid, Guru ngaji, dan Dai selama Ramadhan melalui program Sebar Dai Ramadhan di 15 desa (tersebar di beberapa kabupaten Sulsel dan Sulbar).

3. Penyaluran Sedekah Jariyah Mushaf Al Qur'an untuk 1.576 Santri Kader Penghafal Al Qur'an di 19 Pesantren binaan BMH.

4. Penyaluran 1.000 paket program Berbagi Beras Berbagi Bahagia (Tahap 2).

5. Simbolis penyerahan bantuan Pembangunan Musholla Tahfidz Parepare, Asrama Pesantren Al A'raf Bulukumba, Asrama Pesantren Al Jihad Belopa.

6. Simbolis penyerahan program Sumur Bor untuk pesantren.

Ketua Laznas BMH Sulsel Ustadz Kadir mengungkapkan, pengiriman paket Program Dapur Berkah Ramadhan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan makan sahur dan buka puasa bagi 1.576 Dhuafa-Santri penghafal Al Qur'an di 19 Pesantren binaan BMH di Sulawesi-Selatan.

"Selain itu juga kita melibatkan Komunitas Rumah Koran Kabupaten Gowa dan Satbrimob Polda Sulsel untuk menyiapkan Paket Sayur seperti kol, sawi hijau, terong, wortel, timun, daun bawang, dan labu siam," ungkap Ustadz Kadir.

Sementara itu, Jamaluddin Dg. Abu selaku Founder Rumah Koran mengatakan, ada sebanyak 3 ton sayur dengan jenis sayur yang berbeda mampu terkumpul dan langsung dibawa ke Kantor Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Sulawesi Selatan di BTP, Poros Jl. Tamalanrea Raya No 27A, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. 

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BMH Sulsel, karena telah mengajak Rumah Koran  berkolaborasi menyiapkan Sayur mayur untuk program Dapur Berkah Ramadhan," kata Jamaluddin.

Pada kesempatan yang sama, anggota Satbrimob Polda Sulsel, Ipda Purwanto mengatakan, bahwa sayur sebanyak tiga ton tersebut dijemput dan telah antarkan ke Kantor BMH Sulsel.

"Saya bersama Founder Rumah Koran dua kali mengantar ke Kantor BMH, dan Alhamdulillah sayurnya telah sampai semua, kemarin 12 April 2021, dan langsung di pindahkan ke mobil box BMH Sulsel dan selanjutnya di distribusikan ke-19 Pondok Pesantren binaan BMH Sulsel," pungkasnya. (*)

Previous Post Next Post