INSPIRASI TIMUR INDONESIA


Guna menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan dimasa pandemi covid-19 oleh sekolah maupun perguruan tinggi,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan kuota gratis kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen sepanjang Maret hingga Mei 2021.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan bagi seluruh siswa atau guru yang telah menerima kuota gratis Kemendikbud di November-Desember 2020, dipastikan akan memperoleh bantuan kuota gratis kembali.

“Tapi bagi penerima bantuan kuota gratis di tahun lalu yang pemakaian internetnya kurang dari 1 gigabyte (GB), tidak masuk kriteria untuk memperoleh kuota gratis Kemendikbud, karena tidak memanfaatkan kuota gratis yang diberikan Kemendikbud,” kata Nadiem

Nadiem tak menjelaskan, apakah mereka yang menggunakan kuota gratis Kemendikbud kurang dari 1 GB bisa memperolehnya kembali di kemudian hari atau tidak. Namun yang jelas, siswa atau guru yang belum memperoleh bantuan kuota gratis Kemendikbud di 2020 bisa mendapatkannya di tahun ini.

Calon penerima harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021, agar bisa mengisi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).  Begitu juga langkah itu bisa dilakukan bagi siswa atau guru yang pernah menerima bantuan kuota di November-Desember 2020, tapi nomor ponselnya diganti.

"Jadi bagi yang nomornya berubah atau belum pernah menerima kuota gratis Kemendikbud, maka bisa melapor ke pimpinan sekolah atau perguruan tinggi, agar mendapatkan kuota gratis," ucap Nadiem.

Halaman unggahnya di http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk sekolah) atau http://pddikti.kemdikbud.go.id (untuk perguruan tinggi).

Previous Post Next Post