Inspirasi Timur

 


PALOPO - Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Palopo menjamin ketersediaan Beras jelang Ramadan hingga akhir tahun 2021.

Kepala Sub Divre Perum Bulog Palopo, Lisnawati mengatakan bahwa Bulog Palopo yang membawahi Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja dan Toraja Utara stok beras tersedia cukup banyak, bahkan dimusim panen beberapa daerah saat ini akan menyerap gabah petani sehingga stok akan bertambah.

“Saat ini Stok Beras Bulog tersedia masih ada 7.500 ton yang bisa bertahan sampai akhir tahun 2021  kemudian akan ada penambahan stok seiring panen yang sudah berlangsung di daerah Luwu,” kata Lisnawati saat dikonfirmasi, Kamis (25/03/2021).

Lisnawati menambahkan pada bulan April mendatang panen raya akan berlangsung sehingga Bulog akan menyerap gabah petani.

“Panen raya akan merata di minggu ke 2 bulan  April di 6 kabupaten/kota, jadi gabahnya akan di serap Bulog sebanyak-banyaknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucap Lisnawati.

Lisnawati menambahkan harga gabah yang diberlakukan Bulog, sesuai Permendag Nomor 20 Tahun 2020, yaitu untuk Gabah Kering Panen (GKP) dibeli senilai Rp 4.200 perkilogram.

“Untuk Gabah Kering Giling (GKG) akan dibeli senilai Rp 5.300 perkilogram yang diterima di pintu gudang Bulog, sedangkan untuk beras, Bulog Palopo membeli dengan harga Rp 8.300 perkilogram,” ujar Lisnawati.

Sementera untuk stok gula sambung Lisnawati, pihaknya menyediakan untuk kebutuhan selama Ramadan.

“Ada stok gula kurang lebih 50 ton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang hingga bulan Ramadhan, jadi masyarakat jangan kuatir,” tutur Lisnawati.

Previous Post Next Post