Kasus Covid-19 Masih Tinggi, ASN di Luwu Jalani Swab Antigen
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

LUWU – Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan diwajibkan mengikuti tes swab antigen guna mencegah penularan virus covid-19.

Tes Swab Antigen dilakukan sejak Jumat (15/01/2021) dan hari ini Senin (18/01/2021) yang dimulai dimulai dari pejabat eselon II, Eselon III dan Eselon IV.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, Rosnawary Basir mengatakan seluruh ASN akan dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi apakah terpapar covid-19 atau tidak dalam upaya mencegah peningkatan kasus covid-19 di Luwu.

“Perhari ini di kalangan ASN Luwu ada 79 orang yang positif covid-19, sebagian mereka menjalani isolasi mandiri dan sebagian sudah berkantor,” kata Rosnawary, saat dikonfirmasi, Senin (18/01/2021)

Rosnawary mengatakan dari hasil Swab antigen yang dilakukan selama ini sudah 496 orang dinyatakan positif covid-19, 307 orang sedang menjalani perawatan,  sembuh 175 orang dan meninggal 14 orang.

“Akhir-akhir ini memang ada peningkatan kasus covid-19 tampak nyata di Luwu terutama penambahan kasus positif dan meninggal dunia,  upaya pencegahan yang kami lakukan yakni sosialisasi 3M ke masyarakat, melakukan swab di kalangan ASN,  melakukan penyemprotan disinfektan di kantor-kantor termasuk mempersiapkan vaksinasi covid-19 mendatang,” ucap Rosnawary.

Pj Sekda Luwu, Sulaiman, mengatakan sebagai upaya pengendalian penanganan Covid-19 lingkup pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pelayanan publik tetap aman dan turut menjaga kesehatan masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

"Rapid Tes Antigen ini kita jadwalkan selama 7 hari kerja, sejak tanggal 18-26 Januari 2021. Jadwal masing-masing OPD telah kami tentukan dan sudah kami surati," ujar Sulaiman

Langkah yang dilakukan pemerintah Kabupaten Luwu ini sebagai sikap tanggap dan antisipasi setelah Kadis Kesehatan Luwu meninggal dunia akibat terkonfirmasi terjangkit Covid-19 pekan lalu.

Previous Post Next Post