Jusmiati Terpilih BPAN MASSENREMPULU, Begini Harapannya
INSPIRASI TIMUR INDONESIA

 


ENREKANG - Pengurus Harian  Aliansi Masyrakat Adat Nusantara (PD AMAN MASPUL) melaksanakan konsolidasi  pemuda Adat Massenrempulu di Rumahan AMAN Mendatte,  Kecamatan  Anggeraja, Kabupaten Enrekang pada 9-10 Januari  2021.

Sekitar 27 pemuda utusan dari berbagai komunitas adat di Enrekang  mengitu kegitan pengkaderan  dan konsolidasi  yang berlangsung selam 2 hari.

Salah satu agenda dalam kegitan tersebut adalah musyawarah  untuk memilih ketua Barisan Pemuda Adat Massenrempulu  (BPAN MASSENREMPULU)  setelah melalui proses musyawarah maka yang terpilih  adalah Jusmiati dari Komunitas Adat Uru, Ledan Kecamatan Buntu Batu.

“Terima kasih atas kepercayaan  yang diberikan dan mengharap dukungan dari pemuda adat dan tetua  adat di kampung serta arahan dari pengurus AMAN,” kata Jusmiati.

Menurut Jusmiati, bahwa ketika sistem lebih menekankan capaian ekonomi yang overtune maka aspek budaya cendrung terabaikan dan hal itu akan mengakibatkan erosi koneksitas kekerabatan dan kekeluargaan.

“Oleh karena itu pemuda adat sudah saatnya bangkit bergerak mengurus wilayah adat dan memepertahankan kehidupan harmonis yang selalu berorientasi pada kearifan lokal,” ucap Jusmiati.

Sementara itu ketua BPAN Sul awesi Selatan,  Marjuli,  optimis BPAN MASSENREMPULU  nantinya mampu berkolaborasi membangun  sinergitas untuk kemajuan organisasi.

“Harapannya adalah mampu berkolaborasi membangun  sinergitas untuk kemajuan organisasi.

 dan mampu mempertahankn nilai2 yang telah ditorehkan oleh lelurh to Massenrempulu diantaranya adalah Mesa Soe Mesa Tengka Pada Talla, Pada Lindang,” ujar Marjuli. (JUF)

Previous Post Next Post