Sehari Berkantor di Kecamatan, Iqbal Serahkan Bantuan Alsintan untuk Tiga Poktan di Seko

 

LUWU UTARA - Sebanyak tiga kelompok tani (poktan) di Kecamatan Seko menerima bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan). Ketiga Poktan itu adalah  Poktan Desa Padang Balua, Poktan Desa Embona Tana, dan Poktan Tanamakaleang. Bantuan diserahkan Pjs Bupati Luwu Utara, Muhammad Iqbal Suhaeb, dalam kegiatan “Sehari Berkantor di Kecamatan Seko”, Senin (10/11/2020). 

Alsintan tersebut berupa mesin pra dan pasca panen yang diberikan dalam rangka untuk menunjang produktivitas pertanian di tiga desa tersebut. “Saya berharap dengan adanya bantuan alsintan ini mampu mendorong semangat petani untuk terus memajukan komoditi lokal yang memang menjadi unggulan di kecamatan ini,” kata Iqbal di hadapan para petani di Kecamatan Seko.  

Untuk itu, ia berharap alsintan yang diberi bisa dipelihara dengan baik, sehingga menunjang provitas pertanian di Seko, utamanya padi. “Jaga ki baik-baik komoditi lokal ta. Keterbukaan akses nantinya kita harap mampu membuat komoditi di sini menjadi semakin maju. Semoga ini bisa menjadi penyemangat kita semua di dalam meningkatkan provitas pangan dan pertanian kita,” harapnya. 

Seko adalah salah satu kecamatan di Lutra yang memiliki banyak komoditi unggulan. Salah duanya, padi tarone dan kopi Seko. Bahkan tarone telah mendapat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal dari Pusat Perlindungan Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian sebagai varietas unggul nasional bersama 7 varietas lainnya di Lutra, yakni banjara, bandarata, pare sale, remaja, tedeboe, jamborana, dan dambo. (put/LH)

Previous Post Next Post